Windows Kamu Bajakan? Ketahui Jenis Lisensi Pada Microsoft Windows!

0

Microsoft Windows merupakan hal yang tak bisa dilepaskan untuk kamu yang beraktivitas menggunakan laptop. Untuk kamu pengguna Windows, harus kamu ketahui bahwa sistem operasi Windows itu berbayar lho.

Namun sayangnya tak sedikit pula orang yang justru menggunakan Windows bajakan yang didapatkan di internet. Penggunaan Windows bajakan ini tak hanya ilegal, namun juga bisa membahayakan perangkat elektronik kamu.

Buat kamu yang sudah menginstal sistem operasi Windows di laptop, pastikan ya bahwa yang kamu instal adalah Windows asli alias berbayar dan mendapatkan lisensi resmi. Nah untuk kamu yang belum tahu apa saja sih jenis lisensi Windows, berikut kami punya daftarnya:

1. Lisensi Retail

Jenis lisensi yang pertama ada lisensi retail. Lisensi retail ini adalah lisensi yang kamu dapatkan bila membeli Windows secara langsung di toko retail atau online. Jika kamu membeli di toko retail, kamu akan mendapatkan produk lengkap beserta DVD Windows.

Keuntungan yang kamu dapatkan bila membeli lisensi retail ini, kamu bisa menggunakan Windows ini secara terus menerus. Kamu bisa menggunakan jenis lisensi Windows ini untuk berbagai perangkat.

Berbagai perangkat yang dimaksud adalah, bila suatu saat kamu ingin mengganti laptop kamu, kamu tetap bisa menginstal ulang Windows ini di laptop baru kamu dengan otomatis data di laptop lama kamu berpindah ke laptop yang baru.  

Jenis Lisensi Pada Microsoft Windows

2. Lisensi OEM

Pernah tidak menemukan laptop baru dengan kondisi sudah terinstal Windows? Nah, sistem operasi Windows seperti itu lisensinya adalah lisensi OEM. Lisensi OEM merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacture yaitu jenis lisensi Windows yang dimiliki oleh perusahaan laptop kamu.

Jadi lisensi OEM ini adalah lisensi yang murah karena sistem Windowsnya hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jadi kalau kamu tidak mau repot instal Windows sendiri, lebih baik membeli laptop yang sudah terinstal Windows dengan lisensi OEM ini.

3. Lisensi Volume

Nah, kalau jenis lisensi Windows yang terakhir ini cocok untuk kamu yang membuka usaha dan memerlukan Windows yang bisa diaktivasi ke berbagai perangkat. Yup, lisensi Volume ini adalah lisensi yang yang ditujukan untuk para pegiat bisnis atau perusahaan.

Jadi saat kamu membeli lisensi ini, kamu bisa sekaligus mendaftarkan perangkat mana saja yang akan digunakan untuk diaktivasi sistem operasi Windowsnya. Proses pembelian lisensi ini pun perlu ada perjanjian antara si pembeli dengan penjual lisensi tersebut.

Windows Kamu Asli Atau Palsu?

Jenis Lisensi Pada Microsoft Windows

Nah, setelah mengetahui berbagai lisensi Windows, kamu harus pastikan Windows yang ada di laptop kamu. Bila sudah menginstal Windows di laptop kamu, tapi masih ragu apakah Windows yang kamu gunakan asli atau bajakan, kamu bisa melakukan langkah mudah untuk mengetahuinya.

Kamu tak perlu menggunakan software tertentu lho. Cukup menggunakan tool bawaan dari Windows yakni CMD (Command Prompt) lalu kamu memasukkan beberapa perintah. Bagi kamu yang sudah lama di dunia perkomputeran, istilah CMD pasti bukan sesuatu yang asing kan? Ini nih simak langkah untuk mengecek Windows milik kamu:

  1. Buka CMD pada Windows anda. Kemudian anda bisa memasukkan kode atau perintah seperti berikut: slmgr /xpr kemudian tekan enter.
  2. Kemudian akan muncul dialog pada Windows script host. Apabila Windows yang kamu pakai asli, kamu akan melihat dialog dengan keterangan “The Machine is Permanently Actived”.

Tetapi sebenarnya kamu bisa juga menambahkan lagi kode diatas dengan kode yang ada untuk mengetahui informasi lebih detail keaslian Windows milik kamu. Caranya adalah dengan menambahkan kode sebagai berikut: slmgr /dlv, slmgr /dli, slmgr /xpr, setiap tanda (‘) langsung tekan enter ya.

  • slmgr /xpr (untuk mengetahui keaslian)
  • slmgr /ato (untuk mengetahui aktivasi windows beserta key nya)
  • slmgr /dli (untuk mengetahui aktivasi windows beserta partial product key nya)
  • slmgr /dlv (untuk mengetahui secara lengkap keseluruhan detail aktivasi windows kamu)

Setelah kamu mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bakal tahu deh apakah Windows yang kamu pakai itu asli atau bajakan. Jangan lupa cek juga ya, apakah Windows yang kamu pakai memiliki salah satu dari 3 jenis lisensi Windows yang harus kamu ketahui. Yang perlu diingat adalah, kamu harus menggunakan Windows asli yang berlisensi agar terjamin keamanannya. Lagi pula, hari gini gak malu pakai bajakan?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here