Wujudkan Pernikahan Impian Dengan Perencanaan Keuangan yang Baik

0
Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengikuti sebuah acara “Jumpa Blogger” yang diselenggarakan oleh SunLife Financial Indonesia. Acara ini bertajuk bincang-bincang tentang pengelolaan keuangan yang baik untuk mewujudkan masa depan yang cerah. Pembicara dalam acara ini adalah Safir Senduk, seorang Perencana Keuangan Independen pertama di Indonesia yang sudah sangat terkenal.
Dalam acara Jumpa Blogger ini saya mendapat banyak sekali ilmu tentang bagaimana cara yang paling bijak untuk mengelola keuangan agar kita memiliki masa depan yang cerah. Mas Safir Senduk mengajarkan bagaimana caranya memulai sebuah investasi yang tepat, mengambil produk asuransi yang sesuai kebutuhan, bahkan cara yang tepat untuk menabung demi mewujudkan pernikahan impian.
Saya paling tertarik dengan pembahasan tentang cara mengelola keuangan yang baik untuk mewujudkan pernikahan impian. Secara umur mungkin saya masih terbilang muda untuk menikah, namun tidak ada salahnya saya mulai mencoba merancangkan keuangan yang baik agar pernikahan yang saya impikan dapat tercapai. Saya akan mencoba membagikan kembali racikan ilmu yang didapatkan dari Mas Safir Senduk kepada pembaca semua.
Pernikahan Impian ala The Hobbit – Sumber: Vemale.com
Menikah adalah salah satu hal yang paling sakral dalam hidup, menikah hanya terjadi satu kali dalam hidup tentu kita semua ingin memiliki sebuah acara pernikahan yang berkesan. Jika ditanya saya ingin mengadakan acara pernikahan seperti apa, saya akan menjawab ingin menikah dengan konsep ala the hobbit seperti gambar diatas.
Semua orang tentu mendambakan pernikahan yang berkesan dan membekas pada setiap tamu undangan yang datang. Sayangnya, tidak semua pasangan pra-nikah mempersiapkan semuanya dengan baik. Pernikahan berkesan tidak melulu dirayakan dengan konsep mewah yang memakan banyak biaya, cukup acara sederhana dengan konsep yang “tidak biasa” serta dilandasi perencanaan keuangan yang matang, itulah pernikahan impian yang sesungguhnya.
Merencanakan keuangan yang baik untuk mewujudkan pernikahan impian tidaklah mudah. Hidup tidak hanya sampai pernikahan lalu berhenti disana, setelah menikah tentu akan semakin banyak beban keuangan yang harus ditanggung. Kita harus mulai memikirkan tempat tinggal yang layak untuk keluarga sebelum menikah, memikirkan tabungan pendidikan untuk calon anak-anak, asuransi kesehatan untuk keluarga dan sebagainya.
Agar pernikahan berkesan tidak tidak terlalu banyak beban keuangan yang harus dipikirkan dibelakang tentu kita harus menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Dibawah ini adalah beberapa hal utama yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan pernikahan impian.
Beberapa Perencanaan Keuangan Untuk Mewujudkan Pernikahan Impian
1. Mempersiapkan Tabungan Sejak Dini
Simpanan dan Investasi jauh-jauh hari sebelum melaksanakan resepsi pernikahan adalah langkah paling awal untuk mendapatkan pernikahan impian. Menabung disini tidak melulu tentang sejumlah nominal uang yang disimpan di bank. Investasi dalam bentuk properti, reksadana, tanah dan berbagai bentuk investasi lainnya adalah pilihan yang paling tepat untuk mempersiapkan pernikahan sesuai impian. Setiap investasi yang dimiliki tentu akan menghasilkan nilai yang berbeda, pastikan kamu memilih investasi yang tepat dan bukan investasi jangka panjang jika ingin kamu menikah dalam waktu yang tidak terlalu lama.
2. Membuat Daftar Pengeluaran Pernikahan
Buatlah beberapa daftar pengeluaran untuk mengalokasikan dana secara tepat sasaran. Untuk memberikan kesan mewah, alokasikan persentase dana yang cukup besar untuk bagian dekorasi. Hal ini akan memberikan kesan baik dan megah bagi para tamu undangan yang hadir – tanpa mereka tahu bahwa dekorasi ini tidak memakan biaya. Jika menginginkan konsep pernikahan yang bersifat outdoor tentu biaya dekorasi akan semakin kecil. Gunakan bahan-bahan yang bersifat murah namun terlihat megah. Manfaatkan juga barang-barang yang bisa mendukung dekorasi dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.
3. Hutang Bersih, BI Checking Baik
Pastikan sebelum menikah hutang-hutang pribadi yang kamu miliki ketika masih sendiri semuanya sudah beres. Jangan membawa pasanganmu ikut terlilit hutang ketika kalian sudah menjadi sebuah keluarga. Pastikan kamu tidak membawa gaya hidup boros dan senang berfoya-foya ketika masih remaja kedalam kehidupan rumah tangga. Skor kredit harus baik, pastikan kondisi keuanganmu yang meliputi beberapa faktor semisal cukup tidaknya gaji per bulan dalam membayar kredit atau cicilan mobil, rumah, tagihan listrik, tagihan air dan lainnya sudah terselesaikan. Jika kamu sudah melakukan hal-hal diatas mencapai tahap ini artinya kamu sudah layak menikmati pernikahan impian yang kamu inginkan.
4. Asuransi Untuk Seluruh Anggota Keluarga
Poin ini hanya sebagai tambahan saja untuk membuat kehidupan berumah tangga lebih sejahtera. Pastikan setiap calon istri memiliki asuransi kesehatan agar dapat melahirkan dengan aman, persiapkan dana pendidikan untuk calon anak-anak. Pastikan seluruh anggota keluarga terlindungi dari setiap ancaman kesehatan dengan memiliki produk asuransi. Jika ingin memiliki produk asuransi saat ini juga, kamu boleh mencoba Produk Asuransi Sunlife Financial.
Nah itulah beberapa point yang dapat dilakukan untuk mewujudkan sebuah pernikahan impian. Saya memang belum menikah dan belum melaksanakan beberapa tahapan diatas, namun langkah ini tentunya akan sedikit membantu untuk kamu yang sedang menjalani masa pra-nikah! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here