Cara Mengamankan Folder Pribadi di Komputer

3

Semua orang pasti punya hal yang menjadi rahasia pribadi yang tidak ingin diketahui banyak orang. Bentuk hal rahasia tersebut pun beragam, ada yang bersifat tidak kelihatan (fakta) maupun yang bisa terlihat oleh banyak orang (file).  File-file rahasia tersebut biasanya tersimpan rapi dalam sebuah folder rahasia di dalam sebuah komputer. Untuk mengelabui orang agar tidak membuka file rahasia tersebut biasanya orang-orang seringkali menyimpan folder didalam folder-folder didalam folder lainnya.

Cara mengamankan folder pribadi di komputer
Source : http://satriacellnet.blogspot.com

Ya, itu trik lama, sayapun dahulu pernah mempraktekannya, untuk sekedar menyembunyikan foto mantan pacar agar tidak diketahui kekasih yang sedang menjabat di hati kala itu :”. Seiring berkembangnya teknologi, orang-orang mulai meninggalkan cara tersebut, dan mulai muncul cara-cara baru untuk mengamankan file pribadi dengan cara yang jelas lebih mudah.
Saya ingin berbagi cara memproteksi folder pribadi dari incaran orang-orang yang tidak anda inginkan. Silahkan disimak.

Cara mengamankan folder pribadi di komputer :

  • Untuk bisa menjalankan trik ini, di komputer anda wajib terinstall aplikasi winrar, jika belum donwload terlebih dahulu. Filenya tersedia di link ini : http://www.filehippo.com/download_winrar/

Mulai Eksekusi

  1. Masuk ke direktori penyimpanan file yang mudah diingat, tetapi kecil kemungkinan orang lain buka, contoh : D:ImageAnggaran Dana Jalan DaerahFoto Mantan
  2. Foder warna merah adalah folder yang akan kita amankan, klik kanan pada folder tersebut, pilih Add to Archive.
    Cara mengamankan folder pribadi di komputer
  3. Akan muncul tampilan seperti ini, Pada Archive Format pilih Zip, kemudian klik tab Advanced, pilih Set Password. Klik OK.
    Cara mengamankan folder pribadi di komputer
  4. Sejauh ini folder anda sudah cukup aman karena hanya anda yang mengetahui passwordnya, namun jika menginginkan pengamanan yang lebih lagi, anda bisa menyembunyikan file folder Zip tersebut. Caranya :
    • Klik kanan pada File Zip tadi (ex Foto Mantan.Zip) pilih Properties.
    •  Pada option Attributes silahakan ceklis Hidden. Klik Apply.
      Cara mengamankan folder pribadi di komputer
  5. Saat ini file pribadi anda sudah sangat amat aman. Untuk memunculkan kembali file yang telah di hidden, silahkan atur di penampilan file folder. Pilih Show hidden files, folders, and drives

Bagaimana? mudah bukan? tapi saya sarankan, jika anda memiliki pasangan yang benar-benar anda cintai, sebaiknya jangan sampai ada dusta di antara kalian, karena itu bisa merusak kesehatan. Haha!
Keep trying, enjoy! :*

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here