Tahan Banting, Spesifikasi 3 Laptop Gaming Terbaru ASUS ini Bikin Kaget!

0

Dipenghujung tahun 2018, produsen laptop kenamaan ASUS mengeluarkan laptop gaming terbaru ASUS untuk para pecinta gaming. Tak hanya meluncurkan laptop untuk kelas premium, ASUS juga meluncurkan laptop kelas mainstream yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Di acara peluncuran bernama “Slim Bezel Gaming Notebook For Champs”, ASUS memperkenalkan jajaran laptop TUF Gaming FX505. Laptop kelas mainstream yang merupakan seri terbaru TUF Gaming tersebut kali ini tampil dengan beragam fitur premium yang belum ada di laptop sekelasnya.

Selain itu, ASUS juga memperkenalkan laptop gaming paling tipis di dunia, yaitu ROG Zephyrus S GX531, serta ROG Strix GL704 Scar II yang hadir dengan layar lebih besar. Mau tahu spesifikasi 3 laptop gaming terbaru ASUS ini? Mari simak artikel selengkapnya.

ASUS TUF Gaming FX505 dan FX705

Laptop yang satu ini merupakan penerus dari TUF Gaming FX504 yang tampil dengan spesifikasi lebih baik serta memiliki serangkaian fitur premium seperti NanoEdge Display, Anti-Dust Colling, dan AURA Sync RGB keyboard. ASUS TUF Gaming FX505 juga tampil sangat tangguh karena sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD 810G. Wow banget bukan?.

ASUS TUF Gaming FX505 ini tak hanya untuk gaming saja lho, namun juga dirancang sebagai laptop multifungsi. Laptop ini memiliki bodi yang lebih ringkas jika dibandingkan pendahulunya sehingga mudah untuk dibawa kemanapun.

Bodi ringkas ASUS TUF Gaming FX505 tak lain berkat teknologi NanoEdge Display di laptop ini. Teknologi tersebut memungkinkan layar TUF Gaming FX505 memiliki bezel yang sangat tipis sehingga ukuran bodi bisa dibuat lebih ringkas. Selain hadir dengan NanoEdge Display, TUF Gaming FX505 juga memiliki desain yang solid khas laptop gaming.

Untuk urusan cover, laptop ini dibalut aluminum Gunmetal Grey dan desain Radiating-X yang terlihat unik lho. Struktur bodinya juga menggunakan desain hexagonal agar lebih tangguh dan terlihat agresif, dan memberikan nuansa gaming di dalamnya lebih kuat.

Masalah performa, laptop gaming yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Dengan prosesor Intel Core Generasi ke-8 dan chip grafis Nvidia GeForce GTX laptop ini kepuasan para penggunanya. ASUS juga menghadirkan delapan varian TUF Gaming FX505 yang menggunakan prosesor Intel Core i5-8300H dan i7-8750H, serta chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050, GTX 1050Ti, dan GTX 1060.

Performa maksimal juga bakal kamu dapatkan dari laptop ini karena ASUS TUF Gaming FX505 mengandalkan tiga jenis kombinasi media penyimpanan, mulai dari HDD, HDD dan M.2 SSD, serta HDD dan Optane Memory. Untuk memorinya, varian TUF Gaming FX505 dilengkapi dengan RAM DDR4 sebesar 8GB berkecepatan 2666 MHz.

Laptop Gaming Terbaru ASUS

Khawatir soal koneksi laptop? Kalau kamu menggunakan ASUS TUF Gaming FX505 gak perlu worry lagi, karena laptop ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11ac. Sementara untuk koneksi nirkabel lainnya, laptop ini sudah hadir dengan Bluetooth 5.0 dan hadir dengan port ethernet. TUF Gaming FX505 juga dilengkapi dengan 3 port USB Type-A dan port HDMI dan Combo Audio Jack di bodinya.

Selain TUF Gaming FX505, ASUS juga mengeluarkan varian lain yaitu ASUS TUF Gaming FX705 yang hadir dengan layar yang lebih besar dari FX505. Untuk segi performa, ASUS TUF Gaming FX705 mengandalkan prosesor Intel Core i7-8750H yang didukung dengan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050 untuk pengalaman bermain game terbaik di kelasnya. Performa tersebut dilengkapi dengan penyimpanan lega menggunakan HDD sebesar 1TB yang sudah dipacu oleh Intel Optane Memory sebesar 16GB.

ASUS ROG Zephyrus GX531

Untuk menghadirkan laptop gaming tertipis di dunia, ASUS memilih menggunakan metal chassis untuk membungkus komponen di ROG Zephyrus S GX531. Metal chasis tersebut dibuat dari satu blok aluminium tanpa sambungan sehingga ketahanannya tak perlu diragukan lagi.

Proses pembuatan metal chassis untuk ROG Zephyrus S GX531 bukan hal mudah. ASUS berhasil meringkas berbagai komponen premium ke dalam laptop gaming ini dan memastikan komponen tersebut tetap aman ketika digunakan sehari-hari.

Meski memiliki bodi yang sangat ringkas dengan ketebalan hanya 15,75mm dengan bobot 2,1kg, ROG Zephyrus S GX531 tampil dengan hardware terkini untuk menaklukkan semua game terkini. Dengan bobot yang ringan, laptop ini sangat mudah untuk dibawa kemanapun kamu pergi. Selain itu laptop ini tetap ditenagai dengan prosesor kencang Intel Core generasi ke-8 serta chip grafis Nvidia GeForce GTX, yang sayang untuk kamu lewatkan.

Yang spesial lagi dari ROG Zephyrus S GX531 adalah laptop ini tetap hadir dengan berbagai fitur eksklusif dan premium yang tidak bisa kamu temukan di laptop gaming lainnya. Fitur yang dimaksud antara lain seperti Active Aerodynamic System (AAS) terbaru yang sudah dilengkapi dengan Anti-Dust Cooling System.

Teknologi Active Aerodynamic System memanfaatkan dua kipas khusus berdaya 12V. Masing-masing kipas tersebut memiliki 83 baling-baling dan terhubung dengan Quad Heatsink yang memiliki 250 sirip pendingin. Teknologi pendingin ini juga menggunakan 5 heatpipe yang terhubung dengan seluruh komponen yang menghasilkan panas, seperti CPU, GPU dan VRM.

Untuk urusan memori penyimpanan, ASUS juga tidak setengah-setengah. ROG Zephyrus S GX531 menggunakan penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 512GB yang jauh lebih cepat dari HDD. ASUS juga memberikan memori DDR4 sebesar 16GB ke dalam laptop gaming ini. Memori tersebut  berjalan di frekuensi 2666MHz untuk menghasilkan performa yang lebih optimal saat bermain game.

Untuk ROG Zephyrus S GX531, ASUS kembali menghadirkan keyboard dengan layout yang sama seperti ROG Zephyrus pertama. Keyboard laptop berada di tepi bawah bodi ROG Zephyrus S GX531 tidak di tengah seperti kebanyakan laptop lainnya. Sementara itu posisi touchpad berada di samping kanan keyboard yang juga bisa digunakan sebagai numpad dengan menekan tombol khusus.

Keyboard di ROG Zephyrus S GX531 memang dirancang khusus untuk kenyamanan kamu bermain game. Dilengkapi dengan teknologi n-Key Rollover yang bertujuan agar tidak ada kesalahan input ketika tombol keyboard ditekan berulang kali dengan cepat seperti saat bermain game.

Tampil lebih menarik lagi, keyboard di ROG Zephyrus S GX531 juga sudah dilengkapi dengan RGB backlight yang didukung fitur AURA Sync. Melalui fitur tersebut, kamu dapat mengatur tampilan dan warna pada keyboard di laptop gaming ini. Seru banget ya?.

Untuk urusan audio, ASUS ROG Zephyrus S GX531 dilengkapi dengan speaker khusus yang diarahkan langsung ke depan untuk memastikan kualitas audio yang maksimal. Speaker tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Smart Amplifier yang bisa menghasilkan suara hingga 2 kali lebih keras serta mereproduksi suara bass 3 kali lebih kencang. Fitur ini sangat memudahkan kamu yang suka main game dengan audio.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 memiliki semua fasilitas konektivitas yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gaming on-the-go seperti dua port USB 3.1 Gen2, Gen 1 Type-C, dan tiga port USB Type-A. Opsi display output juga cukup beragam di laptop ini. ROG Zephyrus S GX531 bisa mengandalkan port HDMI yang berada di belakang bodinya, atau DisplayPort 1.2 yang menyatu dengan USB 3.1 Gen2 Type-C yang ada di samping kiri bodinya.

ASUS ROG Strix GL704 Scar II

Kalau laptop yang satu ini merupakan versi lain dari ASUS ROG Strix GL504 Scar II, yaitu ASUS ROG Strix GL704 Scar II. Perbedaan laptop ini terletak dari layar yang lebih besar yaitu 17,3 inci. Meski demikian, ROG Strix GL704 Scar II tetap tampil ramping dan bahkan paling ramping di kelasnya.

Bodi ramping milik ASUS ROG Strix GL704 Scr II berkat teknologi NanoEdge Display yang membuat bezel layarnya bisa tampil sangat tipis. NanoEdge Bezel juga membuat layar pada laptop gaming terbaru ASUS ini terlihat lebih lega dan tanpa batas.

ASUS ROG Strix GL704 Scar II ini memiliki layar yang powerful dengan refresh rate 144Hz dan response time kencang 3ms (gray-to-gray). Layar tersebut merupakan salah satu persyaratan wajib bagi gamer hardcore dan pemain esports.

 

Untuk segi performa, ASUS ROG Strix GL704 Scar II ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8750H yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 8 thread. Prosesor tersebut dapat dipacu hingga 4,1GHz untuk menghasilkan performa maksimal ketika bermain game. Mendampingi prosesor gahar tersebut, ada chip grafis Nvidia GTX 1060 yang sudah dilengkapi dengan VRAM GDDR5 sebesar 6GB.

Untuk memastikan kamu mendapat yang terbaik, ASUS ROG Strix GL704 Scar II telah dilengkapi dengan memori DDR4 sebesar 16GB. Memori tersebut juga berjalan di kecepatan 2666MHz atau di atas rata-rata laptop lainnya yang menggunakan DDR4. Jadi semakin nyaman bukan saat penggunaannya?.

Itulah spesifikasi 3 laptop gaming terbaru ASUS yang sudah bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat. Untuk kamu para gamer sejati, rasanya sayang untuk melewatkan laptop gaming ini karena performanya yang tinggi dan tampilan ciamik. Untuk kamu yang sudah berencana beli, jadi mau pilih yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here