10 Laptop Terbaik Dari ASUS, Nomor 3 Tipis Banget!

2

Tahun 2018 baru saja kita jajaki. Mumpung masih awal tahun, mencoba merealisasikan resolusi yang tahun lalu nggak kesampaian bisa jadi salah satu poin perubahan yang oke juga. Punya resolusi baru? Nggak masalah. Apapun itu, harapannya di tahun ini kita punya kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baru, lebih fresh, dan mengurangi kebiasaan buruk yang mungkin masih mendominasi perilaku sehari-hari di tahun 2017.

Bingung mau bikin resolusi apa? Kamu bisa membuat sebuah janji perubahan misalnya jadi orang yang lebih rajin nabung. Kenapa nabung? Ya karena banyak sekali dari kita yang kesulitan mengendalikan diri untuk jadi pribadi yang hemat.

Selain untuk melatih diri biar nggak gampang pasang muka pengin untuk barang-barang yang mungkin belum jadi kebutuhan, resolusi nabung ini mungkin juga bisa kamu pakai untuk beli laptop baru yang tahun kemarin nggak kesampaian. Lah, kenapa laptop? Ya karena selain smartphone, laptop jadi perangkat kebutuhan yang penting banget, baik buat kebutuhan pendidikan atau kerja.

Nah, pas banget kali ini aku mau bahas beberapa laptop ASUS yang mungkin bisa menjawab ke-gundahgulana-anmu buat milih perangkat laptop baru yang sesuai kebutuhan. Kita sendiri udah cukup mengenal merek ini sebagai merek laptop yang punya spesifikasi oke dan harganya nggak bikin marah. Mau untuk kebutuhan kerja, desain gambar, sampai gaming, ASUS punya semua serinya.

Cuma, nggak semua orang membaca spesifikasi dan review dari pengguna sebelumnya. Jadi, kebanyakan orang cuma tinggal tanya dan bayar, tipe-tipe pembeli “terima jadi aja dah“. Padahal, penting juga sedikit-sedikit tau seri mana yang oke buat kerja, bandel buat gaming, atau enteng dibawa kemana-mana. Sepuluh seri laptop ASUS ini adalah produk-produk terbaiknya di tahun 2017 yang kece parah dan sebaiknya kamu kenali sebelum beli.

1. ASUS ROG Zephyrus GX501

Seri laptop ASUS ROG udah punya nama sebagai salah satu opsi laptop gaming yang kuat, meski harganya udah bisa dibuat beli motor matic sebanyak 2 sampai 3 unit. Seri GX501 sendiri dikenal sebagai salah satu laptop gaming ASUS yang relatif diminati para gamers. Pasalnya, bodi laptop gaming ini nggak kayak laptop gaming lainnya yang persis koper tenteng. Jadi, untuk dibawa nge-game bareng temen lebih enak dan nggak bikin nyeri otot.

Slim dan powerful jadi keunggulan laptop gaming satu ini. Meksipun berbodi slim, material pembentuknya nggak ecek-ecek. Terbukti, dengan berat sekitar 2,2 kg, laptop ini masih bisa dibilang lumayan lah kalau mau dibuat angkat beban ringan setiap pagi.

Video ASUS ROG Zephyrus GX501

2. ASUS VivoBook Flip TP203

Beda kebutuhan, beda rekomendasi laptop. Karena ASUS termasuk pribadi yang pengertian, jadi diproduksilah laptop khusus kalangan pebisnis – daripada harus beli laptop gaming yang beratnya 2,2 kg kayak yang tadi ya. Biasanya, laptop begini ditandai dengan dimensi laptop yang enteng dan mutlifungsi, kayak ASUS VivoBook Flip TP203 ini.

Sesuai kebutuhan, laptop satu ini punya bodi yang tipisnya aduhai. Dengan dimensi yang bahan nggak lebih besar dari kertas A4 ini, laptop seberat 1,1 kg ini nggak bakal bikin nyeri otot ketika sering dibawa pergi. Udah gitu, laptop ini layarnya bisa dibuka sampai 360 derajat.

ASUS VivoBook Flip TP203 bisa di flip hingga 360 derajat

Kelebihan lainnya adalah bisa multifungsi jadi tablet. Ada pair device yang bisa dibeli yaitu pen khusus laptop seri ini. Tujuannya pen ini bisa digunakan ketika laptop “berubah” jadi tablet. Yang lebih nyenengin lagi adalah daya tahan baterainya yang kece punya, yaitu ketahanan sampai 8 jam penggunaan.

3. ASUS Zenbook Flip S UX370UA

Zenbook Flip S UX370UA ini menjadi laptop impianku sejak pertama kali ASUS meluncurkan produk ini. Andai tahun 2017 kemarin aku lebih banyak nabung daripada makan, mungkin udah bisa beli yang satu ini. iya-sekarang-aku-gendutan-karena-kebanyakan-makan  🙁

ASUS ZenBook Flip S UX370UA ini dikenal sebagai salah satu Laptop convertible tertipis di dunia. Buat yang belum tahu, laptop convertible itu adalah produk laptop yang sekaligus bisa digunakan menjadi sebuah tablet. Udah pasti layarnya punya spesifikasi jadi layar sentuh. Keunggulan? Ya udah pasti dari segi bobotnya yang bisa dikurangi tanpa mengurangi fungsi laptop ini sendiri.

ASUS Zenbook Flip S UX370UA Laptop convertible tertipis di dunia

Keunggulan lain dari laptop satu ini adalah ketahanan baterainya yang bisa sampai 11,5 jam penggunaan. Mirip-mirip lah dengan kemampuannya MacBook Air 13″. Buru-buru pakai? Charge 49 menit udah keisi 60%. Ini bisa jadi laptop impian kamu para pekerja kreatif yang nggak bisa nunggu lama-lama buat dibawa pergi melalangbuana cari kafe demi mengerjakan proyek.

Kelemahan produk ini cuma satu, menurutku, yaitu harganya yang mencapai Rp26 juta. Tapi, mengingat keunggulannya yang nggak main-main, bolehlah nunda tabungan nikah demi laptop. Eh iya, calonnya masih di tangan Tuhan 🙂

4. ASUS X555BP

Pembahasan beberapa laptop terbaik ASUS sebelum ini memang nggak ramah buat kantong pelajar atau mahasiswa. Meskipun belinya mungkin masih minta orang tua, tetep aja secara spesifikasi, laptop ASUS yang tadi kurang cocok. Kalau kamu masih pelajar atau mahasiswa, akan lebih bijak kalau pilih seri ASUS yang diawali dengan huruf X. Kenapa? Karena seri ini biasanya masuk akal secara harga tapi spesifikasinya juga udah cukup memenuhi kebutuhan, selama pemakaiannya berkutat pada penggunaan aplikasi Microsoft Office, aplikasi statistik kayak SPSS, atau sekadar streaming drama Korea.

ASUS X555BP, Laptopnya mahasiswa

Kayak ASUS X555BP ini. Tahun lalu, ini masuk dalam daftar jajaran laptop terbaik ASUS. Sebagai laptop yang tergolong dalam komunitas mid-low laptop, Notebook AMD ASUS satu ini punya kekuatan dari spesifikasi yang nggak rendahan. Spesifikasi detil bisa kamu lihat sendiri di halaman resmi ASUS dengan klik di judul paragraf ini. Faktor kekecean terakhir yang bikin mupeng adalah dengan harga sekitar Rp5 juta aja, kamu udah bisa dapetin satu unit laptop ASUS ini.

5. ASUS Vivobook Pro 15 N580

Setiap orang punya pertimbangannya masing-masing ketika memilih laptop. Misalnya, aku sendiri nih yang lebih milih laptop tipis karena lebih enteng dibawa. Nggak perlu yang spesifikasinya dewa, yang penting enak dibuat ngetik dan nggak bikin nyeri otot ketika diajak jalan-jalan, itu udah menjawab kebutuhanku banget.

Makanya, aku sebenarnya juga pengen punya laptop yang satu ini, ASUS Vivobook Pro 15 N580. Dimensi bodi-nya mirip banget sama MacBook Air, tipiiiiis banget. Udah gitu, layar besarnyanya yang mendukung tampilan 4K UHD ini ternyata touchscreen. Masalah keamanan, laptop ini ternyata dilengkapi dengan fingerprint sensor yang kehubung dengan Windows Hello.

ASUS Vivobook Pro 15 N580

Keunggulan lain yang bikin ngiler adalah fast charging-nya yang bisa sampai 60% dalam waktu 49 menit. Nah, kalau masalah harga, memang mirip-mirip dengan MacBook beneran sih, yaitu sekitar Rp16 juta. Yaaah, setara satu motor dah.

6. ASUS ZenBook UX305FA

Nggak cuma seri Vivobook Pro 15, ASUS juga ngeluarin seri lain yang bisa jadi alternatif buat kamu yang lagi nyari laptop tipis. ASUS ZenBook UX305FA ini adalah opsi lain yang aku maksud. Ketebalannya yang nggak sampe 2 cm dan bobotnya yang cuma 1,2 kg bikin laptop satu ini layak buat kamu pertimbangkan kalau mau beli laptop baru di tahun ini.

ASUS ZenBook UX305FA

Laptop ini mungkin bakal sempurna banget kalau dipakai untuk kamu yang harus berlama-lama menatap layar laptop atau untuk kamu yang hobi edit gambar. Laptop ini punya keunggulan splendid technology-nya yang bisa bikin kamu lebih jeli ketika melihat dan memilih warna. Laptop yang pernah menyabet penghargaan Taiwan Excellence Award ini juga dikenal sebagai laptop yang nggak berisik dan baterainya tahan lama – sekitar 10 jam pemakaian!

7. ASUS VivoBook Max X441NA

Buat kamu yang cari laptop kece cuma buat nonton drama Korea, mendingan pilih yang murah-murah aja deh. Tapi, jangan asal murah. Perhatikan juga spesifikasinya, kalau perlu rajin baca review. Aku sih merekomendasikan kalau kamu beli ASUS VivoBook Max X441NA. Why? Soalnya laptop ini (menurutku) tergolong murah, gaes. Berapa? Cuma Rp3 juta aja. Nantangin pesaingnya banget gak sih?

Kenapa aku bilang nantangin? Mesti tau dulu spesifikasinya. Misalnya dari layarnya yang pnya kedalaman warna sampai 45%, LED backlit di display-nya, atau penggunaan audio SonicMaster yang bisa buatmu agak sombong dikit karena nggak mengeluarkan dana berlebihan untuk kebutuhan laptop yang standar. Apalagi yang suka buka YouTube dan musik-musik EDM, speaker-nya yang kece parah bisa bikin tingkat kegaulan-mu naik. Haha.

Speaker kece parah ASUS VivoBook Max X441NA

8. ASUS ZenBook UX410

ASUS memang rajanya laptop murah dan banyak pilihan. Poin selanjutnya bakalan membantu para pekerja lepas semacam aku gini. ASUS ZenBook UX410 adalah laptop ASUS yang nggak kalah kece tapi juga punya fungsi oke. Dengan desain tipis dan ringan seperti seri Air pada Apple MacBook, ASUS ZenBook UX410 ini bakal membantu pekerjaan seorang konten kreator.

Ngebantu gimana? Dari segi dimensi, laptop ini tipis dan ringan banget. Menilik bagian dalam, spesifikasi laptop ini dan kurang kok. Laptop yang bandel diajak jalan-jalan ini juga memiliki desain keyboard yang nyaman banget buat para pekerja lepas seperti penulis waktu ngerjain proyek mereka. Ditambah, fitus IceCool Technology yang bakal menjaga laptop ini tetap adem dan tentunya bisa bikin laptop jadi lebih awet.

ASUS ZenBook UX410 Laptopnya content creator

Nggak cuma penulis yang bakal excited banget pakai laptop ini. Kalau kamu seorang desainer grafis, ini bisa jadi pilihan laptop yang boleh jadi masuk daftar kandidat laptop impian. Kenapa? Dengan panel NTSC sebesar 72% dan nilai sRGB 100%, layar laptop ini bisa menampilkan tingkat akurasi warna yang bagus, jadi pekerjaanmu pun juga bisa lebih optimal hasilnya.

9. ASUS X550IK

Buat sebagian orang yang bercita-cita jadi gamers profesional, jangan menyerah sama impianmu. Kamu bisa mulai latihan main terus-terusan pakai laptop ASUS satu ini. ASUS X550IK adalah jawaban buat gamers yang belum ada dana besar untuk beli laptop gaming seharga motor 250 CC. Asalkan, nggak diprotes Mama dengan cita-cita yang masih kurang ngetren di Indonesia ini.

ASUS X550IK

Laptop satu ini punya keunggulan sebagai laptop gaming yang relatif murah. Cukup dengan Rp10 juta aja, kamu udah bisa dapetin satu unit laptop gaming dari ASUS yang nggak murahan ini. Nggak cuma sekadar jadi laptop gaming, seri ASUS yang satu ini juga nggak rewel dibuat kerja berat semacam edit video atau pekerjaan desain grafis. Jadi, kalau minta ke Mama, ada alasan yang lebih oke buat dijadikan tameng pertahanan kan ya.

10. ASUS Zenbook 3 Deluxe UX490UA

Nomor sepuluh ini diduduki oleh laptop terbaik ASUS yang didesain buat orang-orang yang suka kemewahan kayak Pak Fredrich Yunadi. Sepertinya ASUS lagi berguru pada MacBook untuk menarik perhatian pengguna laptop tipis sehingga menghasilkan laptop-laptop tipis yang kini mulai banyak pilihannya. Nggak terkecuali dengan seri ASUS Zenbook 3 Deluxe UX490UA ini. Dari namanya, ketauan banget ini laptop emang buat orang kayak Amir Richman 😀

ASUS Zenbook 3 Deluxe UX490UA dengan tampilan Deluxe-nya

Dibuat sesempurna mungkin. Laptop ini punya keindahan dari perpaduan dimensi bodi dan spesifikasi dalamnya. Dengan ukuran 13 inch, sebenarnya laptop ini punya layar selebar 14 inch – nah gimana coba? Bobotnya yang cuma 1,1 kg dan kemampuan baterainya yang tahan lama bikin laptop ini idaman banget kalau diajak pergi dan ngerjain proyek di kafe. Soal spesifikasi nggak usah ragu lagi deh. Masa kamu mau curiga sama spesifikasi laptop seharga Rp27 juta ini?

ASUS emang jagonya dalam produksi laptop yang menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan penggunanya. Mau yang murah tapi kece, ada. Mau yang mewah biar menyaingi Pak Fredrich juga ada. Tinggal kamu nih mau milih yang mana. Selama punya tabungan yang bisa diambil dan nggak ada pantangan dari pacar buat mulai nabung nikah, SIKAAAATTT!

Catatan: Daftar 10 Laptop Terbaik Dari ASUS di artikel ini merupakan pendapat pribadi, pendapat Blogger lain mungkin berbeda. 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here