Cara Mudah Melegakan dan Menambah RAM Ponsel Android

16
Android adalah salah satu Sistem Operasi terfavorit saat ini. Beberapa gadget terkenal berlomba-lomba memasang sistem operasi android di device mereka. Bahkan kabar terbarunya, Nokia yang terkenal dengan sistem operasi Syimbian dan Windows Phonenya itu akan segera mengeluarkan gagdet terbaru yang dilengkapi dengan sistem operasi android.
Android memang menjadi idola banyak orang, namun sayang beberapa device android terutama produk samsung tidak memiliki spesifikasi yang begitu memuaskan terutama gadget-gadget yang harganya dibawah satu jutaan. Sebut saja Galaxy Young, Galaxy Star, dan beberapa produk lainnya. Memang, spesifikasi sangat dipengaruhi oleh harga gadget tersebut. Sungguh tak mungkin anda menikmati android dengan harga dibawah satu juta, tetapi RAM dan internal memorinya masing-masing 4GB.
Cara Melegakan dan Menambah RAM Android
RAM Android – source : androbana.blogspot.com
Kecilnya memori internal dan kapasitas RAM seringkali menjadi keluhan dan masalah banyak pengguna andorid, kapasitas RAM yang tidak setara dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di ponsel android akan membuat ponsel tersebut berjalan dengan sangat lambat, biasanya kita kenal dengan istilah lag. Masalah kecilnya kapasitas RAM android memang sudah menjadi masalah banyak orang di bumi ini, terutama orang-orang Indonesia kalangan bawah seperti saya 😀
Tapi setidaknya, masalah ini dapat diatasi dengan bantuan berbagai aplikasi. Berbekal pengalaman dan ilmu yang didapat dari blog-blog pecinta android, saya ingin membagi sedikit tips untuk membuat RAM android kamu sedikit lebih lega, silahkan dibaca dengan teliti.
Cara Melegakan dan Menambah RAM Android
1. Menginstall RAM Booster
RAM Booster adalah sebuah apllikasi yang digunakan untuk mematikan proses-proses program di ponsel android yang menggunakan terlalu banyak RAM. aplikasi ini bekerja persis seperti task manager yang ada di android. Namun ada sedikit perbedaan, aplikasi ini mempunyai fitur autoboost, yaitu otomatis mengoptimalkan kinerja RAM jika penggunaan RAM melebihi kapasitas yang ditentukan.

2. Menginstall SD-Booster
SD-Booster fungsinya tidak berbeda jauh dari RAM Booster, yaitu mengotimalkan penggunaan memori. Hanya saja SD-Booster mengoptimalkan penggunaan memori eksternal (SD-Card). Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pembacaan SD-Card oleh device android.
3. Menginstall Swapper
Swapper adalah aplikasi yang berfungsi untuk menambah virtual memory yang berguna untuk menambah RAM di ponsel android. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan Android anda telah mengijikan akses root. Berikut cara penggunaan Swapper :
  • Download Swapper terlebih dahulu – Download
  • Instal kemudian jalankan aplikasi.
  • Centang active swap on boot, pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  • Isi kolom value dengan nilai swap RAM sesuai dengan yang anda inginkan, reboot ponsel.
Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu melegakan dan mempercepat kinerja RAM android. Pastikan mengikuti semua langkah dengan baik dan benar, kerusakan atas ponsel anda saat menjadi tanggung jawab pribadi. Semua cara yang saya tulis di blog ini tentunya telah saya praktekan terlebih dahulu. Semoga berhasil! 🙂

16 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here