Tips Mempercepat Proses Shutdown Komputer

4

Pernah merasa kesal saat mematikan laptop tapi proses shutdown-nya sangat lama? Pastinya pernah kan. Ada beberapa hal yang menyebabkan proses shutdown di kompter kita berjalan sangat lama, diantaranya: banyaknya proses yang berjalan di background (bisa anda buktikan dengan menekan tombol CRTL + Shift + ESC), kemudian terlalu banyak aplikasi yang anda install, menyebabkan banyak shortcut yang akan muncul di desktop, selain menyebabkan lamanya proses shutdown hal ini juga menpengaruhi beratnya loading komputer.

Masalah proses shutdown yang memakan waktu lama sebenarnya bisa kita atasi dengan cara melakukan sedikit perubahan pada value waktu pada registry shutdown itu sendiri. Cara ini tergolong mudah dan sampai saat ini belum ditemukan masalah yang berarti jika melakukan perubahan pada registry tersebut. Ingin mencobanya? ikuti langkah dibawah ini.

Tips Mempercepat Proses Shutdown Komputer
Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer:
  1. Tekan tombol Start + R (Run) pada laptop/komputer.
  2. Ketikan Regedit “perintah untuk membuka registri windows” klik OK

    Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer - Petrus Andre Site

     

  3. Akan mucul jendela registry windows seperti iniCara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer - Petrus Andre Site
  4. Klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian pilih subfolder registri SystemCurrentControlSetControl. maka akan muncul tampilan seperti ini.
    Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer - Petrus Andre Site
  5. Perhatikan kolom sebelah kanan, carilah registry dengan nama  WaitToKillServiceTimeout (seperti yang saya tandai merah)
  6. Double klick pada registri tersebut, kemudian ganti Value Data menjadi 5000 (5detik) klik OK
  7. Cobalah untuk Restart komputer, apakah masih lama proses shutdownnya?
Catatan:
*Value 12000 pada data registry diatas sama dengan 12 detik, yang artinya komputer akan melakukan proses shutdown paling lama dalam waktu 12 detik. Kita mengubah nilai tersebut menjadi 5000 (5detik) dengan tujuan agar komputer akan melakukan proses shutdown paling lama 5 detik.
*Proses eksekusi dicoba pada laptop dengan sistem operasi Widows 7.
Nah, begitu kira-kira cara mempercepat proses shutdown dengan manipulasi registry. Sejauh yang saya coba belum ada dampak negatif atas tindakan perubahan nilai pada registry tersebut. Namun untuk tetap diingat, semua langkah yang anda ikuti dari tulisan diatas adalah menjadi resiko anda sendiri, tidak ada jaminan pasti atas tulisan ini.

4 COMMENTS

  1. wow 12 Detik cepet tuh..
    boleh di coba nih.. soalnya biasa kalau ane Shurdown PC nungguin yang masih Auto Run MAti.. jadi agak lama.. bisa di coba nih.. makasih yah gan udah share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here