Cara Mengatasi Android yang Bootloop Tanpa Flashing

2
Sebagian dari kamu yang hobi oprek-oprek gadget Android pasti pernah mengalami yang namanya bootlap. Entah bootlap yang terjadi karena percobaan rooting android, install theme, modifikasi bootanimation dan sebagainya. Bootlap adalah kondisi dimana sebuah ponsel Android gagal masuk ke dalam sistem operasi, biasanya hanya menyala dan berputar-putar pada logo produk device yang digunakaan atau mencapai bootanimation.
Bootlap sendiri terbagi dalam beberapa kategori diantaranya bootlap kelas light, medium dan hard. Masing-masing bootlap punya perbedaan namun intinya gadget android yang terkena bootlap tidak dapat masuk ke sistem operasi.
Belajar dari pengalaman mengoprek android dan beberapa kali mengalami bootlap, saya punya trik khusus untuk memperbaiki ponsel android yang bootlap tanpa harus flashing firmware (install ulang). Cara ini tentu tergolong lebih praktis dan dapat dipahami oleh pemula yang belum terbiasa dengan cara kerja sistem operasi Android. Silahkan baca dengan teliti langkah-langkah dibawah ini:
Cara Mengatasi Android yang Bootloop Tanpa Flashing Firmware:
Cara 1:
Untuk bootlap kelas ringan dan menengah dapat diatasi dengan cara Wipe data/factory reset pada ponsel Andorid kamu. Cara ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Silahkan matikan device android kamu, kemudian masuk dalam recovery mode (biasanya dengan menekan tombol home + volume + power secara bersamaan, beberapa device mungkin berbeda)
  • Jika sudah masuk dalam Recovery Mode, pilih menu Wipe Data/ Factory Reset dengan menekan tombol volume. Klik ok dengan cara menekan tombol home/power.
  • Konfirmasi Yes untuk menghapus semua data user, tunggu proses selesai, reboot system.

Baca Juga: Cara Mudah Melegakan dan Menambah RAM Ponsel Android

Cara 2:

Jika dengan cara pertama diatas bootlap gadget android kamu belum dapat diatasi, silahkan mencoba langkah berikut ini. Pada tahap untuk mengatasi bootlapnya kita menggunakan sebuah file manager yang bernama Aroma File Manager. Kabar baiknya file manager ini dibuat langsung oleh anak muda Indonesia dan sudah digunakan banyak user android dunia loh! Berikut langkah recovery menggunakan aroma file manager:

  • Download Aroma File Manager hingga selesai, copy aromafm-1.91.zip ke sdcard.
  • Masuk recovery mode seperti langkah pertama diatas, pilih menu install zip from sdcard, pilih aromafm-1.91.zip kemudian install.
  • Tunggu proses installasi aroma file manager selesai, kemudian interface aroma file manager akan muncul.
  • Informasi detail tentang cara recovery dengan aroma file manager dapat kamu baca langsung di Forum XDA.
Cara Mengatasi Android yang Bootloop Tanpa Flashing
Nah itulah sedikit tips untuk membantu kalian yang sering mengalami bootlap pada gadget android. Semoga tulisan ini membantu 🙂

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here