Aplikasi Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

10

Kehilangan file yang cukup penting di smartphone Android karena tidak sengaja mengklik tombol hapus memang sangat mengesalkan. Pasalnya, di ponsel pintar android tidak ada fasilitas tong sampah (recycle bin) seperti di komputer pribadi.

Pada komputer / laptop kita bisa melakukan restore dari recycle bin untuk file-file yang tidak sengaja terhapus, tapi hal ini tidak bisa kita lakukan di smartphone. File yang dihapus pada smartphone akan terbenam selamanya di disk tempat penyimpanan file tersebut semula.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada aplikasi yang berkerja untuk mengembalikan file yang telah terhapus di smartphone android. Aplikasi ini bernama DiskDigger undelete. Aplikasi ini adalah aplikasi recovery terbaik dari berbagai aplikasi yang telah saya coba sebelumnya.

DiskDrigger berkerja me-recovery berbagai format file seperti foto dan video yang telah terhapus di smartphone android. Dengan diskdigger, berbagai file foto dan video yang telah terhapus di memori internal maupun eksternal smartphone dapat kamu pulihkan kembali. Sebelum membaca lebih jauh trik ini, mungkin ada baiknya kamu membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer.

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android Menggunakan Diskdigger

  1. Download terlebih dahulu aplikasi diskdigger  lewat link berikut: Download. ( 1MB )
  2. Pastikan ponsel kamu telah memiliki akses root untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Install aplikasi dan jalankan.
  3. Jalankan aplikasi, dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, jika ada disk yang belum muncul klik refresh list untuk menscan ulang disk.
    DiskDigger Aplikasi Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android
  4. Untuk mulai melakukan recovery data, pilih disk tempat penyimpanan file yang terhapus sebelumnya, kemudian klik scan device.
  5. Akan muncul pop-up windows berisi pilihan format file apa saja yang ingin kita pulihkan. Pilih sesuai file yang ingin kamu pulihkan. Contoh format: JPG, MP4, klik OK.
  6. Tunggu proses scanning berjalan, jika selesai akan muncul tampilan file-file yang berhasil terbaca seperti gambar dibawah ini.
    DiskDigger Aplikasi Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android
  7. Pilih file-file yang ingin kamu pulihan, kamu juga bisa memilih semuanya sekaligus. Klik tombol Save.
  8. File yang terhapus di smartphone android kamu kini telah kembali!
Bagaimana? cukup menarik bukan cara kerja aplikasi ini. Yang jelas mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika dengan tidak sengaja menghapus file di ponsel, karena aplikasi ini akan selalu menolong kamu untuk me-recovery file-file yang telah kamu hapus. Enjoy! 🙂

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here