Cara Mengembalikan File dan Folder Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

186

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja merapikan isi-isi dari laptop kesayangan. Saya mulai mengumpulkan setiap file berdasarkan kategori pada foldernya masing-masing agar lebih rapi. Saya melakukan hal ini bukan tanpa alasan, ketika sedang latihan untuk sidang tugas akhir dosen pembimbing saya mengungkapkan bahwa kerapian desktop mahasisiwa juga termasuk faktor penilaian dosen penguji.

Atas alasan ingin lancar sidang tugas akhir sayapun membersihkan laptop dari file-file yang kurang baik dan merapikan setiap file yang dianggap penting berdasarkan foldernya masing-masing.

Kesialan sepertinya sedang menimpa saya, ketika ingin memindahkan file power point untuk presentasi tugas akhir, malah tombol yang tertekan pada keyboard adalah tombol shift del. Panik, bisa saja saya membuat file presentasi yang baru namun hasilnya tidak akan sama dengan file terhapus yang sudah saya siapkan dan desain dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya.

Saya berusaha browsing dan mencari cara kesana kemari bagaimana caranya agar saya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus permanen di laptop saya tersebut. Ada banyak rekomendasi software dan trik yang diberikan, saya mulai mencoba semuanya satu persatu dan akhirnya saya menemukan satu software yang paling ampuh dan akurat untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer.

Software yang paling ampuh yang saya gunakan untuk mengembalikan file terhapus permanen di komputer ini adalah PC Inspector File RecoveryPC Inspector File Recovery ini dapat digunakan untuk mengembalikan semua file yang telah di hapus permanen dari  Recycle Bin, suport untuk FAT 12/16/32 dan NTFS file sistem.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Dibawah ini saya sudah membuat langkah-langkah mengembalikan file terhapus permanen menggunakan software PC Inspector File Recovery.

Cara Mengembalikan File dan Folder Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen Dengan Bantuan Software

Berikut adalah langkah-langkah mengembalikan file terhapus permanen dengan bantuan software:

  1. Download hingga selesai software PC Inspector File Recovery. Install aplikasi. (Download Disini)
  2. Jalankan aplikasi, pilih menu file, kemudian pilih submenu drive (CTRL + O)
  3. Akan muncul jendela baru seperti ini, silahkan pilih partisi yang ingin di restore file yang terhapus permanen, klik icon ceklis.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
  4. akan muncul tampilan seperti ini, klik pada folder Deleted maka semua file yang terhapus di partisi yang anda pilih akan dimunculkan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
  5. Untuk mengembalikan file yang telah terhapus, klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih save to. Pilih direktori penyimpanan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer

Selain menggunakan software, ternyata mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer juga ternyata dapat dilakukan langsung dengan bantuan fitur bawaan windows. Cara ini tentunya tidak bekerja pada komputer yang menggunakan sistem operasi selain windows. Saya sempat mencoba cara ini beberapa kali dan terbukti dapat mengembalikan file terhapus yang tidak masuk recycle bin.

Baca Juga: Cara Membuat File yang Dihapus Tidak Masuk Recycle Bin

Dibawah ini saya sudah membuat langkah-langkah bagaimana caranya agar kamu dapat mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus secara permanen tanpa bantuan software.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen Tanpa Software

  1. Buka direktori folder yang tidak sengaja kamu hapus, misal pathnya adalah Data D/Gambar.
  2. Klik kanan pada folder Gambar, lalu pilih menu Restore previous versions. Akan muncul windows seperti gambar dibawah ini, pilih tab previous versions.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
  3. Pilih foder berdasarkan tanggal penghapusan yang kamu lakukan, klik tombol restore.
  4. Akan muncul pesan konfirmasi apakah kamu yakin ingin mengembalikan folder yang telah kamu hapus, klik tombol restore sekali lagi.
  5. Tunggu proses restore selesai, dan folder yang kamu inginkan akan segera kembali.
  6. Jika langkah ini kurang jelas, kamu dapat membaca langsung artikel tentang cara merestore file yang sudah terhapus di Situs Resmi Microsoft Windows.

Baca Juga: Aplikasi Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Nah itu dia sedikit tips untuk mengembalikan file-file yang terhapus permanen di komputer dengan dan tidak dengan bantuan software. Perlu untuk kamu pahami juga bahwa tidak semua file bisa terbaca dan dikembalikan dengan cara manual diatas maupun dengan bantuan software tadi. Beberapa file ditemukan, tetapi tidak bisa dikembalikan seperti keadaan semula, file tidak terbaca, file rusak dan sebagainya.

186 COMMENTS

  1. gan, kan udh di restore file yg terhapus tersebut, misal nya file itu berbentuk lagu, setelah direstore file tersebut gk sesuai dngn yg sebelumnya. contoh lagu simple plan waktu diputar malah lagu noah yg keluar, itu knp gan? mohon penjelasan 🙂
    thanks 😀

  2. file gw ilang setelah instal ulang,, mau di recover tapi bingung karena partisinya udah gw bagi ulang,,,, udah gw recover partisi yg sama dgn t4 file gw yg ilang mlah ngg ktmu2,,,,, -_-"
    udah mke 2 aplikasi recover…. tpi msh blom ada hasil …T_T help gan,,,,,,,,!!! :'(

  3. gan, ane kok pas di step 3 kan muncul jendela baru, ane mau mau ngerestore file yg ada di data c, tapi kok cuman muncul partisi harddisk external aja, data c nya gaada. solusinya gimana nih gan?

  4. Makasih banget buat infonya. Hampir aja nangis darah gara2 file novel yang gw udah kerjain berbulan2 kehapus. Makasih banyak :*

    Tapi kok file yang ditampilin cuma dikit ya? Padahal gw ngehapus banyak banget di hari yang sama (maklum lagi beres2 file laptop)

  5. Gan, kemarin aku nyoba software di atas, jadi beberapa file yang mau aku restore itu ngga ada di bagian "deleted", tapi adanya dibagian "lost". Aku coba restore, mis: format mpeg 3 tapi setelah diputar di winamp ngga ada suaranya. Untuk format mpeg 4 juga ngga bisa diputar di MPC, katanya cannot render the file. Padahal file-nya itu baru ke-delete 1 hari sebelumnya. Solusinya gmn ya gan ?

  6. gan gini,kk ane prnah instal ulang pc kmi bru data di back up.a eh lupa ane kmarin mindahin dr C, n smw poto2 yg di C td gk ada di folder back up.
    bsa ngebantu gk ini gan??tolong ane gan ada poto alm bpk ane disitu,thx

  7. gan aq sudah coba dan aq sudah menumukan file yg telah terhapus …..
    tpi ketika aq seve kok gak ada daatanya ….?
    bagai mana kalau kayak gitu….? mhon penjelasanaya…trimakassih

  8. gan kan saaya tadi ngak sengaja te-shift+del hanya beberapa saat yang lalu dan itu yg terhapus folder tpi pas saya mau restore nda ada dan ada juga yang tidak bisa di restore mohon bantuannya filenya penting semuaaa ;(( ;((

  9. Alhamdulillah gan.. makasi banyak gan… file driver laptop ane yg tadinya kehapus permanen sudah aman kembali..

  10. Salam kenal gan

    Saya biasanya menghapus file atau folder menggunakan ekstensi shift supaya gak masuk lagi ke recycle bin. Apakah aplikasi ini tetap bisa mengembalikannya?

    trus satu lagi, misalnya file sebelumnya di simpan di flashdisk, apa bisa dikembalikan juga?

    Blogger Pontianak

  11. Salam kenal Gan,

    Saya sudah install PC Inspector dan sudah file recovery, tapi data yang direcovered kok ngga bisa dibuka ya? Mohon bantuannya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here