Mau Punya Rumah Pintar? 5 Produk Smart Home Xiaomi Ini Wajib Kamu Miliki!

0

Konsep rumah pintar alias smart home mungkin belum terlalu dipahami sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan mungkin masih ada yang belum tau apa itu konsep smart home. Rumah modern yang ada saat ini bahkan tidak semuanya mengusung konsep rumah pintar. Secantik dan semewah apapun desain arsitektur bangunan tersebut, tanpa menggunakan perangkat smart home juga tak akan disebut rumah pintar.

Pada dasarnya, rumah pintar tidak terletak pada seberapa modern sebuah bangunan namun lebih pada aplikasi perangkat elektronik pendukung. Rumah pintar atau smartphone ini bisa dikatakan sebagai rumah canggih karena telah dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik yang meningkatkan nilai rumah sebagai tempat tinggal. Rumah yang mengusung konsep ini dikenal punya beberapa keunggulan seperti mudah dikontrol, relatif mampu menghemat pengeluaran bulanan, serta hampir seratus persen dalam pengawasan pemilik.

Xiaomi adalah salah satu produsen produk-produk smart home yang kini mulai banyak diminati. Nggak hanya kreatif dalam memproduksi smartphone, Xiaomi juga aktif dalam meluncurkan berbagai smart device dalam  Xiaomi Smart Home Ecosystem.

Xiaomi Smart Home Ecosystem

Sebagai fans garis keras Xiaomi Smart Home Ecosystem, aku mau merekomendasikan beberapa device yang bisa bikin rumah kamu jadi lebih keren ala-ala rumah Tony Stark Iron Man!

1. Lampu Pintar

Device pertama yang aku rekomendasikan, Xiaomi Yeelight Smart Bulb LED. Kenapa aku rekomendasi ini? karena aku udah coba sendiri dan lampu ini bisa bikin pemiliknya terlihat lebih keren dimata pengujung rumah. Haha!

Pernah lihat film yang adegan ketika mau tidur cuma tinggal tepuk tangan satu kali buat matikan lampu? Produk ini beneran ada karena Xiaomi Yeelight Smart Bulb LED adalah buktinya. Bahkan, bisa dibilang kalau produk ini nggak cuma pintar karena on-off-nya harus pakai jalan dan nyala-matikan saklar.

Fungsi utama produk ini jelas sebagai media penerang. Namun, yang unik adalah lampu ini bisa diatur-atur dari smartphone. Diatur gimana? Fungsi sebagai pencahayaan itu sendiri bisa diatur tingkat kecerahan dan warnanya (tone).

Berdasarkan penjelasan produknya, lampu ini punya spesifikasi untuk bisa mengkombinasikan warna sampai ada 16 juta warna berbeda. Kamu tinggal mengaturnya dari aplikasi Mi Home atau Yeelight yang harus kamu unduh dulu di smartphone-mu. Tapi kalau aku sih, lebih suka pilih warna berdasarkan preset yang tersedia di aplikasi.

Dari aplikasi ini Yeelight, nggak cuma mengatur warna lampu yang diinginkan, kamu juga bisa mengatur jadwal menyalakan dan mematikan atau melakukannya secara manual tapi dari smartphone. Terus untuk masa pakai, kalau penggunaan normal 6 jam sehari sih kira-kira bisa bertahan 11 tahun. Lumayan sih.

2. Sensor Pintu Pintar

Karakteristik lain dari rumah pintar adalah keamanannya yang terjamin. Maka dari itu, Xiaomi berkreasi menambah produk smart home-nya lagi dalam bentuk Sensor Pintu. Pernah lihat produk alarm maling di permainan simulasi The Sims kan? Ya kurang lebih fungsinya seperti itu – memberikan peringatan sekaligus notifikasi kalau ada orang yang berusaha masuk ke rumah dan membobol pintu. Uniknya, perangkat ini bisa terhubung dengan smartphone kita.

Nggak cuma “melaporkan” adanya aktivitas pada jalur keluar-masuk di tempat tinggal, perangkat ini juga pintar dengan otomatis menyalakan bel dan merekam seseorang yang berusaha secara paksa masuk rumah. Jadi, amit-amit ada kejadian nggak menyenangkan, ada barang bukti yang bisa dijadikan senjata untuk menelusuri dan menemukan si pelaku. Oh ya, perangkat ini punya ukuran yang relatif praktis dibawa dan bisa diandalkan untuk kamu yang tinggal di kos atau tinggal bersama orang lain.

Sensor ini dapat dipasang pada pintu rumah dan dapat diatur untuk menjalankan berbagai fungsi otomatis. Misalnya kamu sudah punya lampu pintar (Yeelight), saat kamu membuka pintu untuk masuk kedalam rumah lampu akan secara otomatis menyala.

Notes: untuk dapat menjalankan fungsi sensor ini, kamu membutuhkan 1 smart device lagi yaitu: Xiaomi Mijia Smart Home Multifunctional Gateway.

3. Stop Kontak Canggih

Meskipun kelihatannya sepele, tapi Xiaomi nggak mau ambil resiko untuk mencelakakan rumah. Jadilah satu produk revolusioner ini lahir. Namanya Xiaomi Mi Smart Power Strip Plug Adapter. Fungsi utamanya memang sebagai terminal listrik 6 spot tapi produk ini punya beberapa kelebihan yang nggak ada di produk stop kontak konvensional. Yang paling utama adalah ukuran dimensi kecil dan tentunya mudah dikontrol dari smartphone.

Keamanan stop kontak ini ada dari fisik dan juga aplikasinya. Dari segi fisik, stop kontak canggih ini punya independent security gate yang menutup lubang stop kontak supaya nggak bisa kontak langsung dari luar ketika nggak dipakai. Sehingga produk ini relatif aman kalau-kalau terjangkau sama anak kecil.

Baca Juga: Review Xiaomi Notebook Air, Notebook Besutan Xiaomi Tandingan Apple Macbook

Keamanan dari aplikasi ini maksudnya stop kontak ini bisa diatur lewat smartphone kita untuk masalah on dan off. Kurangnya, pengaturan nyala-mati perangkat ini nggak berlaku untuk satu per satu kontak, tapi keseluruhan stop kontak itu akan memutuskan aliran listrik.

4. Robot Pembersih

Kalau males bersih-bersih rumah, pakai robot pembersih otomatis emang membantu banget. Xiaomi Mi Robot Vacuum Cleaner. Jujur aja sih belum punya, tapi masuk wish list hight priority!. Seperti namanya, perangkat ini ya diciptakan untuk menggantikan pekerjaan sapu konvensional. Mi Robot Cleaner ini bahkan dianggap lebih bersih dalam menghisap debu dan kotoran dalam partikel kecil – sampai-sampai punya predikat “Think Like a Human Being”. Okay, that good?

Ya gimana enggak, pintarnya robot ini juga karena otak komputasinya ada tiga. Hal ini nggak jauh dari keperluan agar robot ini lebih mampu melakukan pemetaan area yang akan dibersihkan secara lebih baik karena mereka dibekali kemampuan standar algoritma Simultaneous Localization and Mapping alias SLAM.

Dilengkapi dengan 12 sensor, robot ini juga dikenal cukup aman untuk perabotan yang ada di rumah – jadi nggak ada istilah produk ini kebentur media dulu baru bisa gerak ke arah lain. Bener-bener kayak manusia dah.

Kamu juga bisa membaca informasi lebih lengkap seputar robot pembersih ini di website resmi  Xiaomi.

5. CCTV Online

Mungkin udah jadi budaya sebagian pemilik rumah di Indonesia untuk pasang CCTV di rumah masing-masing. Pendapatku pribadi, sekalipun udah pasang CCTV di beberapa spot rumah, nggak ada salahnya nambah produk Xiaomi Mi Smart Camera ini. CCTV ini punya bentuk fisik yang unik, lebih mirip robot. Keunggulan yang bikin produk CCTV lain skak-mat adalah kamera ini bisa digunakan untuk melihat keadaan sekitar dengan kemampuannya berputar hingga 360 derajat.

Nggak perlu diputar-putar dengan konvensional, pengaturan untuk memutar kamera ini bisa diatur dari smartphone.

Selain sebagai perangkat pemantau, kamera ini juga bisa digunakan untuk video call – sebuah fungsi yang sama sekali belum ada di produk CCTV konvensional lainnya. Selain itu, kepintaran CCTV satu ini adalah nggak cuma merekam kondisi sekitar, tapi juga untuk memberikan laporan kalau ada pergerakan di sekitar, sehingga bisa jadi alat bantu monitoring ketika kamu nggak lagi ada di rumah.

Penguat Sinyal Wi-Fi

Ini bukan termasuk smart home device sih, tapi aku sengaja masukin aja ke list karena ini cukup bermanfaat 🙂

Mengingat kamar aku ada di lantai 2 dan router utama wi-fi ada di lantai 1, jadi aku beli device ini aja buat memperkuat sinyal di kamar. Namanya Xiaomi Wifi Amplify Range Extender – atau orang juga lebih sering nyebut dengan istilah Xiaomi Repeater. Fungsi utamanya ya untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi sekaligus memastikannya lebih kuat.

Baca Juga: 7 Produk Smartwatch Terbaik 2019 yang Layak Kamu Pertimbangkan

Produk ini simple sekali, ukurannya nggak jauh beda dengan flashdisk sekarang. Aku sendiri pastinya punya dan udah nyobain sendiri sih manfaat dari Xiaomi Repeater ini. Kemampuannya lebih kuat untuk memancarkan sinyal internet dibandingkan repeater biasa, sekalipun untuk dipakai dalam beberapa gadget.

Kelebihan lainnya adalah produk repeater ini lebih mudah untuk dikonfigurasi dibandingkan produk repeater yang banyak kita kenal sebelum hadirnya Xiaomi Extender ini. Kamu cuma perlu menambahkan device ini ke aplikasi Mi Home seperti biasanya, lalu tinggal setup nama Wi-fi dan bikin password deh!  Terus, harganya cuma 100rban kok, cukup murah untuk menunjang koneksi internet yang lebih kencang. 

Rekomendasi semua produk smart home dari Xiaomi ini hanya segelintir dari kelompok produk yang dikeluarkan Xiaomi. Semuanya aku tulis berdasar preferensi pribadi dan aku sendiri udah pakai beberapa perangkat ini.

Mungkin kamu akan butuh jenis produk lainnya untuk kebutuhan tertentu. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu akses di situs resmi Xiaomi. Dari lima produk unggulan Xiaomi Smarthome versi aku tadi, kamu paling suka yang mana? Atau punya rekomendasi produk baru yang musti aku cobain? Komen di bawah dan share pengalamanmu tentang hal-hal yang harus jadi pertimbangan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here