2 Rekomendasi Laptop Profesional ASUS Untuk Mendukung Produktivitas Kamu

0

Hari gini bawa laptop pergi meeting atau ke kampus bikin pegel pundak? Sudah nggak jaman pasti ya! Evolusi perangkap desktop memang semakin luar biasa dari tahun ke tahun. Jaman kuliah dulu, laptop saya beratnya lebih dari 2kg. Ditambah alat-alat yang dibutuhkan untuk kuliah, ransel yang saya gendong beratnya paling tidak 4kg.

Di 2019 ini bobot perangkap laptop semakin ringan saja, beberapa perangkat laptop ASUS ada yang beratnya hanya 1kg. Bentuknya yang semakin sangat ringkas memungkinkan kamu cukup menjinjing laptop saat pergi meeting atau berangkat kuliah. Atau biar lebih edgy, laptop-laptop ini muat masuk totebag biar kaya anak indie~

Ngomongin laptop ASUS untuk penggunaan harian dan seperti yang diterangkan dalam judul artikel, saya ingin merekomendasikan 2 jenis laptop ASUS yang cocok untuk menunjang produktivitas kamu. Saya akan mencoba menggambarkan secara umum penjelasan seputar ASUSPRO P5440FA dan ASUS VivoBook Ultra A412.

1. ASUSPRO P5440FA: Profesional, Pendukung Produktivitas

Didesain khusus untuk kamu, para pekerja kreatif nan produktif yang selalu kejar-kejaran dengan deadline. Laptop yang satu ini bersedia kamu bawa kemana saja, revisi dadakan di dalam pesawat atau kereta api bisa diatasi dengan laptop ini 🙂 

Desain Simpel, Fleksibel, dan Tetap Kokoh

ASUSPRO P544F menggunakan desain ultraportable yang dirancang khusus agar penggunanya bisa lebih produktif. Selain hadir dengan desain simpel yang memperlihatkan nuansa profesional, laptop ini juga memiliki bodi yang sangat tangguh. Selain itu, ia memiliki layar dengan bezel yang tipis sehingga keseluruhan ukuran bodinya dapat hadir lebih ringkas. 

ASUSPRO P544F menggunakan desain bodi dengan layar yang bisa dibentangkan hingga 180 derajat sehingga mempermudah penggunanya untuk bekerja di berbagai posisi. Desain layar tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan bekerja secara kolaboratif dan memungkinkan banyak orang untuk melihat konten yang ditampilkan.

Layar ASUSPRO P544F sendiri menggunakan panel LED berukuran 14 inci beresolusi Full HD (1920×1080 pixel). Layar tersebut sudah dilengkapi fitur anti-glare sehingga kontennya tetap bisa terlihat meski layar terpapar cahaya. Hal tersebut sangat penting mengingat laptop ini ditujukan untuk bekerja secara mobile di berbagai kondisi, termasuk kondisi outdoor yang terpapar cahaya.

Sementara ini, untuk bagian keyboard di laptop ini memiliki key pitch sebesar 19,05mm dan dish key 0,15mm, membuat jari dengan mudah dapat beradaptasi pada posisi setiap tombolnya. Agar lebih nyaman, keyboard di ASUSPRO P544F hadir dengan key travel 1,5mm. Key travel tersebut memberikan sensasi mengetik yang pas, jadi tekanan tombolnya tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Keyboard ASUSPRO P544F dilengkapi backlight yang tingkat kecerahannya dapat diatur langsung melalui tombol di keyboard.

Yang paling menarik dari desain ASUSPRO P544F adalah bobotnya yang tergolong cukup ringan. Dengan fitur yang sudah disebutkan sebelumnyaia hanya memiliki bobot 1,23 kilogram saja. Tidak hanya itu, laptop ini juga cukup tipis dengan ketebalan berada di angka 18,5 milimeter. Tidak heran jika laptop ini merupakan salah satu laptop kelas enterprise paling ringkas dan ringan yang dimiliki ASUS saat ini.

Konektivitas Super Lengkap untuk Produktivitas

Sudah dapat dipastikan, pengguna di kalangan bisnis dan enterprise membutuhkan beragam konektivitas khusus untuk terhubung ke berbagai perangkat kustom. Untuk itulah, ASUSPRO P544F dibekali dengan segudang konektivitas. Tidak hanya konektivitas standar seperti USB dan WiFi, laptop ini juga dilengkapi dengan HDMI dan USB Type-C yang sangat fleksibel. Agar bisa terhubung dengan berbagai peripheral, ASUS menghadirkan beragam aksesori tambahan seperti USB to LAN dan USB Type-C to VGA converter.

ASUS juga memiliki perangkat bernama SimPro Docking yang dapat mengubah ASUSPRO P544F menjadi memiliki konektivitas sekelas PC desktop. Tentu saja perangkat ini dijual terpisah dan tidak termasuk dalam paket penjualan ASUSPRO P544F. Namun dengan perangkat ini, kamu bisa menghubungkan dua monitor tambahan.

ASUSPRO P544F juga mudah untuk di-upgrade. Pengguna laptop ini dapat mengakses slot RAM dan penyimpanan dengan mudah. Kapasitas RAM ASUSPRO P544F adalah 16GB dengan opsi dua penyimpanan melalui slot M.2 dan slot SATA yang tersedia.

Sistem Keamanan Mumpuni, Dapur Pacu Mantap!

ASUSPRO P544F sudah dilengkapi dengan pembaca sidik jari alias fingerprint yang sudah terintegrasi dengan fitur Windows Hello. Dengan demikian, Kamu tidak perlu lagi mengetik password untuk login ke dalam sistem. Cukup tempelkan jari ke fingerprint-nya dan kamu akan masuk kedalam sistem secara instan.

Laptop ini juga sudah menggunakan sistem operasi WIndows 10 Pro. Di Windows 10 Pro, Kamu akan mendapatkan beragam fitur eksklusif termasuk sistem keamanan canggih. Fitur eksklusif tersebut di antaranya adalah Domain Join, Group Policy Management, Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Remote Desktop, Client Hyper-V, dan Direct Access. Sebagain besar merupakan fitur yang kerap digunakan di lingkungan perusahaan.

Berbicara soal performa, ASUSPRO P544F memang bukan perangkat untuk menjalankan pekerjaan super berat atau bahkan bermain game. Ia merupakan laptop yang dirancang khusus sebagai penunjang produktivitas dan perangkat bekerja secara mobile. Meski demikian, ASUS menghadirkan hardware yang bisa dikatakan sangat mumpuni.

Dimulai dari prosesor yang diusung, ASUSPRO P544F ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 dengan opsi hingga Intel Core i7-8565U. Prosesor dengan 4 core dan 8 thread tersebut memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz dan cache sebesar 8MB. 

ASUSPRO P544F didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas hingga 8GB. Melaui kapasitas tersebut, penggunanya bisa bekerja secara multitaksking tanpa hambatan. Ditambah dengan penggunaan M.2 SSD, ASUSPRO P544F juga semakin gesit. Selain memiliki durabilitas lebih tinggi, SSD juga memiliki performa lebih kencang dari hard-disk sehingga aplikasi bisa berjalan lebih gesit.

Sebagai laptop yang dirancang khusus untuk dibawa bepergian, ASUSPRO P544F hadir dengan baterai andal yang bisa bertahan cukup lama. Berdasarkan pengujian menggunakan  PCMark 8, laptop ini dapat bertahan selama kurang lebih 5,5 jam dengan kondisi WiFi aktif, mode battery life, dan tingkat kecerahan layar 50%.

Dengan berbagai fitur yang mumpuni tersebut, ASUSPRO P544F dilepas ke pasaran dengan harga mulai dari 16,599,000. Sungguh sangat sepadan dengan kemampuan yang ditawarkan!

2. VivoBook Ultra A412: Mungil dan Penuh Warna

Kalau uang tabungan belum cukup buat mempersunting ASUSPRO P544F di atas, mungkin VivoBook Ultra A412 adalah jodoh kamu yang sebenarnya. VivoBook sendiri merupakan lini produk laptop mainstream kekinian yang ditujukan untuk kaum muda-mudi. Untuk kamu yang sedang mencari laptop dengan desain stylish dan performa mumpuni, dengan ukuran bodi yang ringkas, VivoBook Ultra A412 adalah jawabannya!

Tipis dan Ringan!

Laptop ini memiliki ukuran panjang 32cm dengan lebar 21cm. Sementara ketebalannya berada di angka 1,9cm. Vivobook Ultra A412 juga merupakan laptop yang tergolong ringan. Bobotnya hanya 1,5 kilogram dan jika digabung dengan dimensinya yang ringkas, laptop ini cocok untuk dijadikan sebagai partner untuk bekerja secara mobile atau bahkan saat pergi berlibur. 

Tidak hanya itu, VivoBook Ultra A412 hadir dengan fitur ErgoLift Design. ErgoLift Design merupakan mekanisme khusus yang membuat bodi utama (bagian yang terdapat keyboard dan komponen) laptop ini dapat terangkat dan membentuk sudut dua derajat.

VivoBook Ultra A412 menggunakan layar yang sudah dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display. Teknologi yang belakangan diusung di berbagai perangkat terbaru ASUS, termasuk ZenFone 6, memungkinkan layar tampil dengan bezel yang sangat tipis. Kali ini VivoBook Ultra A412 memiliki ukuran bezel 5,7mm dan berkat ukuran tersebut laptop ini mampu menghadirkan screen-to-body ratio hingga 87 persen.

Fitur Lengkap, Performa Andal

Vivobook Ultra A412 boleh jadi memiliki bodi yang ringkas dan ringan, namun laptop ini tetap hadir dengan fitur yang lengkap sehingga bisa diandalkan untuk berbagai scenario penggunaan. Port yang ada di laptop ini mencakup USB 3.1 Type-A dan Type-C, HDMI, dan audio jack. Juga, tersedia pembaca kartu MicroSD sehingga pengguna yang biasa melakukan transfer data melalui media penyimpanan mini tersebut tidak perlu menggunakan pembaca kartu memori eksternal.

Keyboard di Vivobook Ultra A412 menggunakan layout tenkeyless yang ringkas dan telah dilengkapi dengan LED backlit agar pengguna tetap bisa mengoperasikan laptop ini meski dalam keadaan gelap sekalipun. Tiap-tiap tombol pada keyboard Vivobook Ultra A412 memiliki key travel sejauh 1,3mm. Tidak hanya itu, Vivobook Ultra A412 juga dilengkapi sebuah sensor pemindai sidik jari atau fingerprint ditempatkan di bagian touchpad-nya. Fingerprint tersebut sudah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sehingga kamu bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password.

Untuk urusan dapur pacu, Vivobook Ultra A412 dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang juga ditenagai oleh VRAM GDDR5 sebesar 2GB. Sementara dari sisi prosesor, Vivobook Ultra A412 mengandalkan Intel Core i7-8565U (Whisky Lake). Prosesor Intel generasi ke-8 ini hadir dengan base clock di 1,8GHz dan boost clock hingga 4,6GHz. Prosesor ini juga menggunakan konfigurasi 4 core 8 thread dan memiliki TDP hingga 15 watt yang artinya cukup hemat daya.

Vivobook Ultra A412 dibekali memori sebesar 8GB. Memori tersebut berjenis DDR4 dan terdiri dari memori on-board sebesar 4GB serta memori tambahan sebesar 4GB. Memori tersebut berjalan di kecepatan 2400MHz meski tidak menggunakan konfigurasi dual-channel. Memori Vivobook Ultra A412 juga masih bisa di-upgrade hingga total 12GB (4+8GB) untuk performa multitasking yang lebih baik. Agar performanya lebih kencang lagi, VivoBook Ultra A412 sama sekali tidak dilengkapi dengan hard disk. Media penyimpanan utamanya hanyalah sebuah M.2 SATA SSD berkapasitas 512GB.  

Terakhir dari sisi baterai. VivoBook Ultra A412 mengusung baterai berkapasitas 37Wh yang sebenarnya tergolong lebih kecil dibandingkan dengan jajaran laptop VivoBook lainnya. Hal tersebut mungkin dikarenakan ruang yang sangat terbatas mengingat bodi laptop ini sangat ringkas.

Meski demikian, menurut pengujian menggunakan PCMark 8 Battery, laptop ini mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam 25 menit. Artinya, VivoBook Ultra A412 masih bisa digunakan untuk kegiatan ringan hingga menengah selama kurang lebih 3,5 jam.

Nah, dengan semua ulasan yang disebutkan di atas, VivoBook Ultra A412 ini dijual dengan harga mulai dari 13.799.000 loh! Lebih murah dan tentunya terjangkau dibandingkan ASUSPRO P544F. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet ya! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here