Review Lengkap ASUS ZenPad C 7.0 Z170CG, Tablet Stylish Dengan Harga Terjangkau

0
Meski pasar tablet sempat lesu di tahun 2014 namun di tahun 2015 ini angkanya bergerak cukup menjanjikan seiring meningkatnya ekonomi masyarakat. Peluang positif ini disambut ASUS dengan menghadirkan tablet varian baru yang dijuluki ZenPad. ZenPad sendiri memang mengadopsi gaya Zen yang lebih dulu tampil pada jajaran notebook ASUS sebagai laptop kelas bergaya (stylish). Nah, konsep serupa kembali ditekankan pada tablet ASUS ZenPad.
Kehadiran ZenPad kali ini menandai generasi tablet baru ASUS yang sebelumnya hadir lewat seri Fonepad. ZenPad muncul dengan 2 varian ukuran layar yakni tablet 7 inci dan 8 inci. Yang kali ini kita coba adalah varian 7 inci yang merupakan tablet ASUS ZenPad C 7.0 dengan harga yang sangat kompetitif. Apa yang menarik disini?
1. Desain Sangat Bergaya
Demi memberi kesan yang lebih menarik di mata konsumen, desainer ASUS berusaha merancang tablet ASUS ZenPad C 7.0  dari perilaku orang dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini terfokus pada tas tangan atau buku agenda yang biasa dijinjing orang. Pendekatan inilah yang dilakukan ASUS pada tablet ASUS ZenPad C 7.0 sehingga membawa tablet akan tampak sebagai kebiasaan membawa tas jinjing dan terlihat tetap fashionis.
Untuk menghadirkan tablet dengan kesan serupa pada tas jinjing, ASUS merancang back cover ASUS ZenPad C 7.0  dengan kontur menyerupai kulit yang nyaman digenggam. Desain pun dibuat se-ergonomis mungkin dengan ketebalan hanya 8,4mm sehingga mudah digenggam dengan hanya satu tangan. Tablet juga tampil dengan pilihan warna menarik hitam, putih, merah, dan titanium gold.
Selain finishing cantik dibagian punggung/back cover, ASUS juga memperindah bagian depan/layar dengan memasangkan lis metal yang dilapis dengan teknologi non-conductive vacuum metallization (NCVM). Hasilnya, tablet terlihat mewah, bergaya, sekaligus juga menampakkan kesan kokoh.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
Sekali lagi ASUS ingin menampilkan filosofi desain “ZEN” yang mengkombinasikan harmonisasi keindahan bentuk dan fungsi penting dari sebuah produk. Karakter ZEN di tablet akan terlihat dari garis yang bersih, desain yang unik, serta kontur elegan yang membuatnya berbeda dibanding produk lainnya.
2. Tampilan Terbaik dari VisualMaster
Salah satu faktor penting dari sebuah tablet jelas pada kualitas layarnya karena disinilah semua materi visual tampil ke hadapan penggunanya. Untuk memberikan pengalaman visual terbaik bagi pengguna, ASUS menghadirkan teknologi VisualMaster di ASUS ZenPad C 7.0. Teknologi yang juga diimplementasikan pada beberapa jajaran Zenbook ini bertujuan memberi tampilan yang cemerlang dan detil serta menghadirkan fitur display terbaik sesuai kebutuhan pengguna.
Salah satu komponen dari VisualMaster adalah penggunaan panel IPS yang memberikan sudut pandang lebar hingga 178o. Pengguna akan bebas melihat tampilan dilayar tablet dengan jelas meski dari berbagai arah. Komponen selanjutnya hadir dari ASUS Splendid yang dapat mengatur intensitas warna yang ditampilkan ke layar sesuai kebutuhan.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
ASUS ZenPad C 7.0  juga peduli dengan kesehatan pengguna dengan menghadirkan fitur “Bluelight Filter”. Pada dasarnya, filter ini jika diaktifkan akan meminimalkan hingga 30% kekuatan warna biru pada layar tanpa mempengaruhi warna lainnya. Penurunkan intensitas cahaya biru ini akan mencegah mata cepat lelah saat melihat/membaca layar tablet untuk waktu yang lama.
Solusi VisualMaster selanjutnya hadir pada teknologi ASUS TruVivid yang berguna dalam meningkatkan kejernihan sekaligus respon sentuhan pada layar. Teknologi ini memangkas desain layar dengan 6 lapisan menjadi hanya 2 lapisan melalui sistem laminasi penuh. Desain ini menghilangkan lapisan udara dan menggabungkan kaca terluar dengan panel sentuh sehingga tampilan warna akan lebih presisi dan cerah (>94%) dibandingkan desain layar konvensional yang seringkali memudarkan warna aslinya.
3. Tenaga Intel Atom Hemat Energi
Tablet ASUS ZenPad C 7.0 menjadi flagship tablet ASUS yang mengusung prosesor generasi terbaru Intel Atom x3 yang dikenal dengan nama kode SoFIA. Inilah SoC (System on Chip) kelas value yang menawarkan benefit khusus bagi perangkat bermobilitas tinggi seperti smartphone, tablet, dan laptop.
Pada ASUS ZenPad C 7.0(tipe Z170CG) ditanamkan Atom x3-C3230RK hasil kolaborasi Intel dengan Rockchip. SoC berarsitektur 64-bit dengan proses produksi 28 nanometer ini memiliki 4-inti (quad-core) dengan clock maksimal hingga 1,2GHz namun menawarkan kinerja 1,5x lebih gegas dibandingkan kompetitor di kelas serupa. CPU ini juga membawa chip grfis Mali-450MP4 dan fasilitas komunikasi seperti modem 3G, WiFi b/g/n, Bluetooth 4.o, dan GPS.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
Meski diposisikan sebagai SoC untuk gadget terjangkau namun Atom x3 mampu menawarkan kinerja lebih baik dengan konsumsi energi yang lebih hemat dibandingkan Atom generasi sebelumnya. Keterlibatan Intel Atom x3 di ASUS ZenPad C 7.0  ini membuat baterai Lithium Polymer 3450 mAh yang diusungnya sanggup bertahan selama sekitar 9 jam untuk memainkan video HD (720p) secara streaming (dari WiFi). Sedangkan daya tahan untuk aktivitas browsing via WiFi mencapai 9,6 jam.

4. Suara Lebih Kaya, Tajam, dan Kuat
Desain tablet yang langsing umumnya menyulitkan pihak pengembang untuk membuat sektor audio bisa tampil lebih bergigi akibat keterbatasan ruang speaker. Untuk mengatasi hal inilah ASUS menciptakan teknologi ICEpower yang juga diimplementasikan pada berbagai perangkat mobile termasuk handphone, tablet, dan laptop.
ICEpower sendiri sebenarnya merupakan teknologi software pengolah sinyal audio digital (DSP – Digital Signal Processing) yang mampu meningkatkan kualitas suara pada perangkat portabel. Secara keseluruhan, ICEpower ini akan membuat output audio yang hadir terasa lebih bertenaga dan jernih dimana unsur bass dan vokal turut diperkuat secara seimbang.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
Selain dengan teknologi audio ASUS SonicMaster, ASUS ZenPad C 7.0 merupakan tablet pertama di dunia yang bekerja sama dengan DTS-HD Premium Sound untuk meracik suara berkualitas tinggi. Masih dalam urusan audio, ASUS juga menyediakan aplikasi AudioWizard yang menawarkan konfigurasi khusus sesuai kebutuhan pakainya. Disini pengaturan audio akan dioptimalkan ketika pengguna ingin nonton film, bermain game, atau merekam percakapan. Tool ini akan memberi setting terbaik tanpa harus repot mengaturnya secara manual.
5. Inovasi Kamera Kreatif
Meski didesain sebagai tablet entry level yang terjangkau, ASUS ZenPad C 7.0 tetap dibekali kamera untuk kebutuhan fotografi ringan dengan kamera depan 0,3MP dan kamera belakang 2MP. Kerennya, di tablet ini sudah mengadopsi teknologi kamera PixelMaster yang menghadirkan banyak keunggulan.
Melalui sistem PixelMaster ini, pengguna akan mendapati kemudahan dalam berfoto untuk kemudian dilakukan editing saat itu juga dan langsung dibagikan (share) ke cloud, antar perangkat, atau ke social media.  ASUS ZenPad C 7.0  juga dibekali faslitas kamera berteknologi PixelMaster akan membantu pengguna mendapatkan gambar yang detil, warna lebih alami, dan tangkapan cahaya yang lebih peka dalam suasana gelap.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
Sistem PixelMaster juga menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi dimana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 2x lipat. Membutuhkan waktu sangat banyak untuk menjelaskan tiap-tiap dari ke-13 mode pemotretan yang ada pada ZenPad C. Namun beberapa mode yang menarik untuk dicoba adalah Beautification, HDR, Smart Remove, dan Time Lapse.
Smart Remove adalah mode foto unik yang memudahkan pengambilan subyek foto lebih fokus meski banyak orang atau benda bergerak disekitarnya. Pengolahan foto di mode ini akan menghilangkan obyek bergerak lainnya yang tidak diinginkan disekitar subyek sehingga foto yang dihasilkan akan menampaknya subyek foto dengan latar belakang yang bersih.
Untuk kamu yang ingin membuat foto jadi lebih kreatif tentu akan senang dengan aplikasi MiniMovie. Aplikasi ini membolehkan pengguna menggabungkan berbagai foto untuk dijadikan film mini yang makin menarik dengan imbuhan musik pengiring. Kamu juga dapat menambahkan teks informasi dan juga langsung membagikannya ke sanak saudara melalui email, cloud, hingga YouTube.
6. ZenUI, Antarmuka Mempesona
Untuk menghadirkan pengalaman lebih memukau pada produk mobile, ASUS merancang antarmuka khas berjuluk “ZenUI”. ASUS ZenPad C 7.0 yang hadir dengan platform Android versi Lollipop (5.0.2) pun disempurnakan dengan grafis ZenUI dengan layar pengunci dan wallpaper baru, launcher dan icon lebih segar, hingga tema baru yang bisa dipersonalisasi sebagai identitas pemakainya.
Diterapkannya ZenUI pada sistem Android membuat jajaran produk mobile ASUS tampil berbeda dibandingkan kompetitor. Konsep ZenUI dirancang agar tiap navigasi menjadi lebih efisien, menampilkan sentuhan icon-icon bergaya flat moderen, warna-wana cerah, animasi, ringtone, dan notifikasi terbaru. Kesan bersih juga terlihat untuk tiap informasi yang ditampilkan, sehingga keseluruhan interface tampil lebih informatif dan mudah dipahami.
Review ASUS ZenPad C 7.0 Tablet Stylish yang Terjangkau
ZenUI juga menerapkan icon beranimasi pada beberapa aplikasi yang dapat memberikan informasi seketika (realtime) pada desktop seperti cuaca dan kapasitas baterai. Jika sudah terlalu banyak aplikasi yang ter-install, pengguna juga bisa mengaktifkan Smart Folders/Groups dimana berbagai aplikai akan dikumpulkan sesuai kategorinya seperti Bisnis, Komunikasi, Fotografi, hingga Game. Cara ini relatif membuat tampilan setiap aplikasi lebih ringkas.

Meski tergolong sebagai tablet entry level untuk penggunaan harian yang ringan namun ASUS ZenPad C 7.0 (Z170CG) menyajikan kemampuan dan fasilitas yang menarik, apalagi dengan harga yang juga terjangkau. Gadget ini akan cocok bagi kamu yang menyukai tablet berdesain menarik, mengusung fitur cukup lengkap, namun dengan harga yang masuk akal. Di Indonesia, ASUS ZenPad 7 Z170CG tersedia di pasaran di kisaran harga Rp1,799 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here