Zenfone 2 Laser, Smartphone 4G Performa Mumpuni dengan Harga Terjangkau

22
Dari tahun ke tahun, pengguna smartphone android dunia, tidak terkecuali di Indonesia terus meningkat. Ini bukan menjadi hal yang aneh lagi karena semua vendor smartphones mulai dari kelas bawah sampai kelas atas berbondong-bondong menyematkan sistem operasi Android ke dalam produk-produk mereka. Tak ketinggalan ASUS, sebuah perusahaan yang awalnya memproduksi perangkat komputer kini juga mengambil bagian dalam produksi perangkat smartphone Android.

Asus muncul dengan smartphone pertamanya dengan nama menggunakan Zenfone. Dari tahun ke tahun perkembangan dan variasi Zenfone selalu berhasil menarik banyak penggemarnya. Bukan hal yang aneh jika smartphone keluaran Asus selalu menjadi incaran banyak pengguna, hal ini disebabkan Asus selalu memproduksi smartphone dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.
Pertengahan April 2015 lalu Asus menggemparkan pasar smartphone dengan peluncuran varian terbarunya perangkat mobile mereka yaitu Asus Zenfone 2. Zenfone 2 membuat gempar dunia karena perangkat mobile besutan Asus yang satu ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan RAM sebesar 4GB!. Dengan dibekali kapasitas RAM yang sebesar itu, tentu masalah performa dan kualitas sudah tidak diragukan lagi. Saya sendiri sudah membuktikan kekuatan dari kapasitas RAM yang ditanamkan pada Zenfone 2. Selama menggunakan Zenfone 2 saya tidak pernah mengalami lag, semua aplikasi dapat berjalan dengan baik di Zenfone 2. Bahkan ketika menjalankan game yang memakan memori sangat banyak sekalipun, Zenfone 2 dapat bekerja dengan baik.
Belum genap setahun Asus menghebohkan dunia dengan Zenfone 2-nya, Asus kembali meluncurkan sebuah produk varian Zenfone 2 yang diberi nama Zenfone 2 Laser. Mengapa menggunakan nama laser? karena varian Zenfone 2 yang satu ini dilengkapi fitur kamera yang hebat dengan Laser Auto Focus.

Zenfone 2 Laser, Smartphone Mumpuni Performa 4G dengan Harga Terjangkau
Zenfone 2 Laser secara resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 19 November 2015 di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta lewat acara ZenFestival. Peluncuran Zenfone 2 Laser ini dilakukan bersamaan dengan 3 varian produk lainnya yaitu; Zenfone 2 Deluxe, Zenfone 2 Max dan Zenfone 2 Selfie. Dalam acara ini Asus mengundang cukup banyak rekan media dan Blogger dari seluruh Indonesia. Kebetulan saya menjadi salah satu Blogger yang berutung mengikuti acara ZenFestival sekaligus melihat langsung peluncuran Zenfone 2 Laser tersebut.

Apa saja fitur hebat yang disematkan dalam varian terbaru Zenfone 2 besutan Asus ini? yuk simak ulasan lengkapnya yang sudah saya rangkum dibawah ini.
Zenfone 2 Laser: Kamera Hebat dengan Laser Auto Focus
Sudah menjadi rahasia umum bahwa fitur kamera adalah hal yang paling pertama kali dilihat ketika kita ingin membeli sebuah smartphone baru.  Dengan mempelajari fenomena yang ada di masyakarat, ASUS menhadirkan sebuah smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni. Asus Zenfone 2 Laser dirancang dengan kemampuan spesial pada fotografi, menggunakan kamera utama PixelMaster beresolusi 13 megapixel dengan sensor Toshiba. Sensor ini didukung oleh struktur 5 elemen lensa Largan yang dilengkapi dengan lensa Blue Glass. Kamera utama Zenfone 2 Laser dilengkapi Laser Autofocus yang diletakkan didekat lensa. Sistem fokus dengan laser ini mampu menghitung jarak antara gadget dengan obyek foto, hal ini tentu dapat membantu kamera mengatur fokus dengan sangat cepat. Kecepatan fokus yang terdapat pada Zenfone 2 laser ini adalah 0,03 detik, lebih cepat dari kedipan mata!. Pada kamera depan Zenfone 2 laser dilengkapi kamera sebesar 5 MP, apertur lensa f/2.0, dan 85 ° wide angle. Dengan fitur kamera yang super hebat ini, tentu Zenfone 2 Laser sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi.
Zenfone 2 Laser: Performa Luar Biasa
Dibekali kamera super hebat saja tidak cukup jika dapur pacu tidak mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas ekstrim di smartphone ini. Zenfone 2 laser diciptakan untuk memberikan berbagai kepuasan kepada penggunannya. Untuk memperkokoh performanya agar sanggup melaksanakan berbagai aktivitas, Zenfone 2 laser disematkan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 410. Untuk GPU Zenfone 2 laser menggunakan 450MHz Adreno 306, sedangkan kapasitas RAM yang diberikan sebesar 2-3GB. Untuk menunjang aktivitas harian tentu spesifikasi ini sudah sangat jauh diatas kata cukup. Apalagi Zenfone 2 laser menggunakan layar HD berukuran 5,5 inci yang dibalut Corning Gorilla Glass 4. Tentu akan membuat aktivitas harianmu jadi lebih leluasa.
Zenfone 2 Laser: Desain Kece, Harga Terjangkau
Kamera cocok untuk fotografi, dapur pacu mumpuni, desainnya anak muda banget, harganya pas dikantong pula! siapa yang tidak ingin mempersunting smartphone Asus yang satu ini. Asus Zenfone 2 Laser didesain dengan penampilan yang premium, tidak jauh berbeda dengan varian Zenfone 2 lainnya ponsel ini identik dengan 3 buah tombol yang dilindungi ‘dagu’ berbahan metal dengan tekstur khas Zenfone.
Untuk kisaran harga sendiri, Zenfone 2 dijual dengan harga yang sangat terjangkau dengan  berbagai fitur yang memukau. Asus Zenfone 2 Laser dibagi dalam 3 kategori yaitu: Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL (Layar 5 inci, RAM 2GB) dijual dengan harga Rp2,099 juta, Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL (Layar 5,5 inci, RAM 2GB) dijual dengan harga Rp2,399 juta, dan Zenfone 2 Laser ZE601KL (Layar 5 inci, RAM 3GB) dijual dengan harga Rp3,499 juta.
Sungguh sangat terjangkau bukan? Dengan Zenfone 2 laser yang dibekali berbagai fitur luar biasa tentu harga tersebut tergolong sangat murah.
Zenfone 2 Laser: Cantik dengan Zen UI
Salah satu hal yang membuat smartphone besutan Asus berbeda dari smartphone lainnya adalah dari sisi user interface-nya. Semua produk smartphone Asus menggunakan user interface sendiri yang dikenal dengan Zen UI. Zen UI menggunakan desain home screen terbaru yang dapat dikustomisasi penuh. Home screen ini punya desain ikon aplikasi, layout folder, serta weather & time widget yang berbeda, selain itu pengguna juga dapat memilih color mask dari lima belas warna yang disediakan ASUS.
Kecanggihan lain dari Zen UI adalah adanya  fitur ZenMotion. Dengan Zenmotion pengguna dapat langsung mengaktifkan fungsi/aplikasi tertentu cukup dengan melukiskan kode huruf di layar smartphone dalam kondisi layar off. Kode ini pun bisa diatur untuk berbagai aplikasi yang diinginkan. Misalnya pengguna ingin menjalankan aplikasi kamera dalam keadaan screen off, cukup menggambarkan gestur menyerupai huruf C, dan aplikasi kamera langsung terbuka!.
Zenfone 2 Laser: Sudah 4G LTE
Salah satu fenomena yang sedang heboh di Indonesia akhir-akhir ini adalah sudah tersedianya jaringan 4G LTE dari beberapa provider telekomunikasi. Dengan tersedianya jaringan 4G LTE ini tentu akan membuat akses internet di Indonesia akan semakin cepat. Sayangnya, saat berbagai provider telekomunikasi berlomba-lomba mengupgrade jaringan mereka ke 4G, merek smartphone yang memungkinkan untuk dapat mengakses jaringan 4G ini dapat dihitung dengan jari. Asus hadir disini untuk membantu rakyat Indonesia agar dapat mengakses internet yang lebih cepat di jaringan 4G LTE.
Asus Zenfone 2 Laser dibekali dengan jaringan 4G untuk mengakses internet dengan kecepatan maksimal. Tidak hanya itu, Asus Zenfone 2 Laser juga sudah dibekali dengan jaringan data 3G, GPRS dan EDGE yang didukung jaringan 2G GSM. Jaringan ini tentu dapat mempermudah pengguna Zenfone 2 Laser untuk tetap dapat terhubung ke internet jika sedang berada di wilayah yang belum tersedia jaringan 4G.
Galeri Produk Asus Zenfone 2 Laser dan Zenfestival
DesainKameraZen Festival
Zenfone 2 Laser, Smartphone Mumpuni Performa 4G dengan Harga Terjangkau
Zenfone 2 Laser Smartphone Berkamera Hebat dengan Laser Auto Focus
Zenfone 2 Laser Smartphone Berkamera Hebat dengan Laser Auto Focus
Untuk melihat lebih detail tentang perbedaan ketiga varian ini, saya sudah membuat tabel spesifikasi masing-masing ketiga varian berdasarkan data press release Asus. Dengan melihat tabel di bawah ini tentu kamu akan lebih mudah memilih varian mana yang lebih cocok dengan budget dan kebutuhan kamu.

Spesifikasi ZE500KL ZE550KL ZE601KL
CPU Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz Qualcomm Snapdragon 410 quad core 64-bit 1,2GHz Qualcomm Snapdragon 615 octa core 64-bit up to 1,7GHz
GPU Adreno 306 400MHz Adreno 306 400MHz Adreno 405 GPU 550 MHz
RAM 2 GB 2 GB 3 GB
Storage 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis – Micro SD up to 128GB 16GB + 5GB ASUS Webstorage gratis – Micro SD up to 128GB 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis – Micro SD up to 128GB
Network 4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps 4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps 4G LTE Cat4 Download speed hingga 150Mbps
Display 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology 5,5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 267 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology 5 inci super bright IPS HD 720×1280 with 178’ wide view angle, 294 ppi, ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology
Battery Lithium-Polimer 2070 mAh Lithium-Polimer 3000 mAh Lithium-Polimer 3000 mAh
Main Camera PixelMaster Camera 13 Megapixel laser autofocus 0.03 detik. Apertur lensa f/2.0 5, dual tone flash. Hasil kamera foto dan video lebih terang hingga 400% PixelMaster Camera 13 Megapixel laser autofocus 0.03 detik. Apertur lensa f/2.0 5, dual tone flash. Hasil kamera foto dan video lebih terang hingga 400% PixelMaster Camera 13 Megapixel laser autofocus 0.03 detik. Apertur lensa f/2.0 5, dual tone flash. Hasil kamera foto dan video lebih terang hingga 400%
Front Camera 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’ 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’ 5 Megapixel Autofokus dengan diafragma besar f/2.0, selfie panorama up to 140’
OS Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0 Android 5.0 Lollipop dengan ASUS ZenUI 2.0
Dimension 143,7×71,5x(10,5~3,5) mm – Weight 145g 152.5 x 77.2 x 10.8 mm – Weight 170g 164,55 x 84 x 3,5~10,55mm – Weight 190g
Color Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver Pure Black, Glamour Red, Ceramic White, Hairline Gold, Hairline Silver
Price Rp2.099.000 Rp2.399.000 Rp3.499.000

Wah, sungguh luar biasa sekali ya fitur-fitur yang ditawarkan smartphone Asus Zenfone 2 Laser ini. Dapat disimpulkan bahwa smartphone ini sangat cocok untuk kamu-kamu yang berkantong tipis namun ingin menikmati performa smartphone yang luar biasa. Mengambil foto lebih mudah dengan hasil maksimal, bekerja dengan smartphone lebih cepat serta akurat, dan yang tak kalah penting berselancar di internet lebih menyenangkan dengan jaringan super cepat 4G LTE. Sudah menabung untuk membeli gadget keren yang satu ini? segera kunjungi Asus Store terdekat untuk mendapatkan smartphone impian kamu ini ya! 🙂

Referensi
https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-2-Laser-ZE500KG/
http://www.gsmarena.com/asus_zenfone_2_laser_ze500kl-7474.php
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/15/11/15/nxu3sr359-asus-zenfone-2-laser-ponsel-ciamik-manjakan-penikmat-fotografi

22 COMMENTS

  1. Awalnya, aku kira Asus ini nyiptain HP dengan Lasernya itu semacam senter, tapi ternyata buat auto fokusnya. Huahah…
    Harga dengan spesifikasinya ini benar-benar berbanding jauh, ya..
    Dengan harga jual yang standar, Asus berani ciptain HP dengan spek yang tinggi banget..

    Asus ini benar-benar Waw bangetlah.. Smartphone-nya keren semua.. Keknya perlu disetiain, deh. Wkwk…

  2. Kali ini ASUS menyempurnakan versi ZenFone 2 sebelumnya dengan penambahan fitur Auto Laser Focus dan Corning Gorilla Glass 4. Meski memorinya "nanggung" di angka 3 gb namun bagi seorang pengguna yang hobi berfoto2 menggunakan gadget. Jika dilihat dari faktor harga, masih masuk dalam kategori middle lah. Overall, ASUS memang top markotop dan selalu terdepan dalam hal inovasi. 🙂

    • Ayo nabung beli, kalo enggak ikut eventnya Asus aja banyak lomba yang hadiahnya hape ini kok :3 Ya ini mengadopsi teknologi kamera 'beneran' dong. 3GB RAM dengan jaringan 4G udah memuaskan banget itu 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here