Review HTC One A9, Smartphone Android Premium Rasa iPhone

0
Nampaknya persaingan berbagai produsen gadget untuk mengeluarkan smartphone-smartphone unggul semakin memanas. Salah satu produsen smartphone asal Taiwan, HTC, baru saja merilis sebuah smartphone bernama HTV One A9 pada tanggal 21 Oktober 2015 lalu. Ponsel ini diciptakan untuk menyaingi iPhone. HTC menyematkan beragam fitur unggul bak ponsel premium di dalamnya yang sejajar dengan iPhone.
Pihak HTC pun merasa optimis dengan kehadiran ponsel ini. HTC One A9 diharapkan bisa menjadi sebuah alternatif lain dari iPhone untuk para pengguna gadget. Nama HTC sendiri juga telah diakui di pasar gadget dunia. HTC pernah membuat beberapa gebrakan seperti produsen pertama yang merilis smartphone berbasis Android, smartphone berbasis Windows, dan smartphone berbalut metal. Beberapa fitur unggul yang ada pada smartphone ini antara lain dapur pacunya, sistem operasinya, dan kapasitas penyimpanannya. Ada dua varian untuk kapasitas penyimpan, yaitu 16 GB dan 32 GB.
Fitur-fitur unggulan pada HTC One A9
Desain dan layar
HTC One A9 memiliki desain all-metal, sehingga smartphone ini dijuluki ‘metalmorphics’. Ponsel ini dibalut dengan bahan metal mulai dari tiap sisi hingga lekukan fisiknya. Tentu saja desainnya terlihat elegan. Desain ini sebenarnya mirip dengan desain iPhone 6s. Ada enam pilihan warna yang ditawarkan, yaitu Carbon Gray, Cast Iron, Opal Silver, Acid Gold, Rose Gold, dan Deep Garnet. Pada layar, ponsel ini memiliki bentangan layar seluas 5 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel berteknologi Amoled. Kepadatan pada layarnya mencapai 440 ppi. Sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat jernih, cerah, dan tajam. Selain itu, pada layar juga tersedia material tahan gores berupa Corning Gorilla Glass 4.
 
Dapur pacu
Pada dapur pacu, HTC One A9 menggunakan prosesor mid-range level terbaru berupa Chipset Snapdragon 617 dengan delapan core. Empat core pertama memiliki kecepatan hingga 1,2 GHz, sedangkan empat lainnya mempunyai kecepatan hingga 1,5 GHz. Ponsel ini juga dilengkapi dengan unit olah grafis seperti Adreno 505 dan RAM sebesar 2 GB. Tentu saja smartphone ini akan bekerja lebih maksimal karena performanya yang tangguh. Pengguna dapat melakukan multitasking secara ringan, mulai dari membuka game berat, aplikasi berat, hingga menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan.

Review HTC One A9, Smartphone Premium Android Rasa iPhone
Sementara untuk sistem operasinya, ponsel ini menggunakan sistem operasi terbaru dari Android, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Versi Android terbaru ini akan membuat tampilan antar muka lebih nyaman digunakan. Kemudian kinerja yang dihasilkan juga lebuh baik. Sementara kapasitas penyimpanan, HTC One A9 memiliki memori internal sebesar 16 GB ditambah dengan microSD yang bisa menyimpan hingga 128 GB.

Kamera
HTC One A9 dipersenjatai dengan kamera utama sebesar 13 MP dan kamera depan 4 MP. Beberapa fitur yang disematkan meliputi control LED Flash, autofocus, ISO, shutter speed, dan white balance. Tentu saja foto dan video yang dihasilkan akan berkualitas tinggi. Pengguna juga bisa merekam dan menyimpan langsung di dalam Raw Mode. Kemudian langsung mengedit pada aplikasi photo editor yang telah disediakan.
Konektivitas
Pada konektivitas, smartphone ini dilengkapi dengan radio frekuensi Cat 7 yang dapat mendukung kecepatan downlink 300 Mbps dan uplink 100 Mbps. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga didukung oleh VoLTE dan radio frekuensi TDD maupun FDD LTE. HTC One A9 juga telah mendukung 4G LTE Cat4 yang memberikan kecepatan hingga 150/50 Mbps. Ada juga beberapa koneksi lain seperti 2G dan 3G pada koneksi jaringan rendah. Beberapa konektivitas lainnya yang tersedia antara lain USB port standar v2.0 untuk fast charging dan pindai data, Wi-Fi Dual-Band berfitur Direct, GPS, dan Bluetooth v4.1 A2DP apt-X. Masalah kapasitas baterai, smartphone ini memiliki daya hingga 2.150 mAh.
Spesifikasi HTC One A9
Body
• Tipe Layar: AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
• Layar: 5.0 inches, 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
• Multitouch
Konektifitas
• SIM Card: Ya
• Internet: HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
• Wireless: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, apt-X
• GPS: GPS with A-GPS
• USB: microUSB v2.0
Dapur Pacu
• OS: Android OS, v6.0 (Marshmallow)
• Memori: Internal 16 GB, microSD up to 128 GB
• CPU: Qualcomm Snapdragon 617, Octa Core
• RAM: 2 GB
• GPU: Adreno 505
Kamera
• Kamera belakang : 13 MP, 4128 x 3096 pixels, Optical image stabilization, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
• Kamera depan : 4 MP
Secara keseluruhan, smartphone ini bisa dikatakan mampu disejajarkan dengan Iphone. HTC One A9 memang menjadi smartphone dengan brand non-Google pertama yang mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Android, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Namun salah satu kekurangan dari ponsel ini terletak pada baterainya yang tidak bisa dilepas karena bersifat non-removable. Untuk informasi lebih detail tentang Review HTC One A9 silahakan menonton video dibawah ini;

Masalah range, ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar US$ 399 atau sekitar Rp 5,5 juta untuk ponsel dengan RAM sebesar 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB. Sedangkan HTC One A9 dengan kapasitas penyimpanan 16 GB dengan RAM 2 GB belum diungkap berapa harganya. Jika kamu jatuh hati dengan ponsel yang satu ini tentu kamu harus mulai menabung sejak sekarang 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here