Sejahtera Dengan Air Bersama SDAPU

9
Sejahtera Dengan Air– Air, mahluk mana yang tidak memerlukan air? tidak ada, semua mahluk hidup yang tinggal di Bumi memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Air merupakan senyawa kimia yang terdiri dari senyawa Hidrogen (H2) dan Oksigen (O2). Kedua senyawa yang membentuk air ini merupakan komponen paling penting yang berguna mensejahterakan kehidupan umat manusia. Tanpa air, manusia tidak bisa hidup. Hal ini disebabkan hampir 80% tubuh manusia dipenuhi air, mulai dari darah, otot, otak, bahkan tulang manusia sekalipun terdiri dari komponen air.

Sejahtera Dengan Air
ilustrasi: Sumber Daya Air – Source: LINK

Indonesia adalah negara dengan sumber daya air terbesar di ASEAN. Sayangnya, manajemen pengeloaan sumber daya air yang ada belum terlalu maksimal sehingga rakyat Indonesia belum terlalu sejahtera dengan air. Hal ini dibuktikan dengan masalah banjir dan kekeringan yang semakin parah dari tahun ketahun, ditambah lagi konflik penggunaan air dan sumber daya air baik antar sektor dan antar wilayah yang semakin serius. Hal ini harus menjadi perhatian serius dari seluruh pemilik kepentingan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya untuk membuat negeri ini menjadi sejahtera dengan air. Mengingat sumber daya berupa air yang sangat berguna bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan.

Sejahtera Dengan Air

18 Maret 2014 lalu, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang sumber daya air telah ditanda tangani. Penandatangan undang-undang ini adalah keputusan paling bijak pemerintah Indonesia dalam menyelesaikan kasus-kasus sumber daya air di negeri ini yang tak kunjung berakhir. Di dalam Undang-undang ini diatur semua ketetapan agar Indonesia bisa sejahtera dengan air.

Dalam pasal 6 ayat 1 UUD Nomor 7 Tahun 2004 berkata: “sumber daya air dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besar kemakmuran rakyat“. Ayat ini menjamin bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak mengelola sumber daya air sesuai dengan kepentingan masing-masing demi mensejahterakan hidupnya.

Pemerintah telah berupa membuat aturan-aturan terkait pelestarian sumber daya air yang ada di Indonesia dalam bentuk Undang-undang, sekarang tinggal kita sebagai masyarakat yang baik mengelola sumber daya air tersebut sehingga dapat membuat hidup kita masing-masing menjadi sejahtera!

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here