Kenalan Yuk Sama Keluarga Baru Seri Laptop ASUS ROG!

1

Merek ASUS di pasaran elektronik dikenal sebagai produsen perangkat elektronik untuk segala kebutuhan. Perusahaan asal Taiwan ini berdiri sejak tahun 1989 dan telah memproduksi ratusan jenis produk elektronik yang biasa kita gunakan sehari-hari. Untuk kalangan anak muda sendiri, produk ASUS yang paling lekat mungkin adalah laptop dan smartphone.

Meski untuk smartphone sendiri ASUS dikenal sebagai pemain baru, toh nyatanya saat ini mereka berhasil menjadi salah satu merek smartphone paling diminati khususnya para pengguna yang memiliki hobi bermain game.

Jenis perangkat yang diproduksi ASUS sendiri bermacam-macam dan biasanya dikembangkan menyasar pada kebutuhan penggunanya. Hal ini berlaku untuk produk laptop maupun smartphone, sehingga keluaran terbarunya selalu ditunggu dan laris di pasaran.

Pada tanggal 11 Juli 2019 silam, ASUS memperkenalkan produk laptop khusus gaming terbaru yang mengusung pembaharuan terbaru yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya, baik itu gamers maupun non-gamers. Acara bertajuk ‘Be Unstoppable’ yang diselenggarakan di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta tersebut merupakan momen ASUS mempersembahkan produk laptop gaming terbaru yang keseluruhan tipenya telah menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core

Keluarga ASUS ROG terbaru itu adalah:

01

Zephyrus GU502

Laptop Gaming Tipis, Ringan, dan Kuat.

02

ASUS ROG Strix G531

Laptop eSport Gaming Terbaik.

03

ASUS ROG Mothership

Laptop Gaming Paling Powerful.


1. ASUS ROG Zephyrus

Anggota keluarga laptop gaming terbaru pertama adalah ASUS ROG Zephyrus GU502DU. Bisa dikatakan ini adalah opsi laptop gaming yang mendukung pengguna dengan dimensi body yang relatif tipis. Dengan ketebalan 20mm, laptop ini jelas relatif ringan untuk dibawa. Spesifikasi body laptop ini sendiri juga mendukung dari sisi layarnya yang menggunakan Super Narrow Bezel sehingga garis tepi laptop relatif tipis, membuat laptop dengan ukuran layar 15 inch ini hampir serupa dengan body laptop dengan ukuran layar 14 inch.

Tidak hanya ringan, tipe Zephyrus satu ini juga diketahui memiliki chip grafis NVIDIA GeForce RTX serta telah memiliki sertifikasi Pantone Validated Display. Artinya apa? ASUS ROG Zephyrus GU502DU mampu memberikan tampilan grafis yang kaya warna. Ini tentunya menjadi keunggulan seri Zephyrus yang bukan hanya mendukung pengguna gamers, tetapi juga mereka yang membutuhkan laptop untuk desain grafis dengan menghadirkan tampilan warna yang akurat.

ASUS ROG Zephyrus yang memiliki design tipis dan menarik

Dari segi ketahanan baterai, laptop ini cukup mendukung karena ASUS membekalinya dengan baterai berkapasitas 76WHrs. Pada pemakaian normal, laptop ini bisa bertahan hingga 8 jam penggunaan. Demi mendukung penggunaan tersebut, sistem pendingin di seri ini menggunaan Anti-Dust Cooling, sebuah teknologi pendingin yang sekaligus berfungsi dalam mencegah debu dan partikel kotoran lainnya yang mampu menyumat sistem pendingin. Alhasil, proses kerja sistem dan mesin menjadi lebih optimal.

  • Body ringkas, tipis, dan ringan. Cocok untuk kamu yang butuh laptop gaming yang tidak terlalu berat. Bezel tipis juga membuat laptop 15 inch terasa memiliki dimensi laptop dengan layar 14 inch.
  • Tampilan warna pada layar akurat. Bukan sekadar memanjakan mata, tetapi juga untuk kebutuhan penggunaan seperti untuk user desain grafis.
  • Sistem pendingin mesin anti debu yang membuat laptop ini unggul dari kinerja mesin yang tidak mudah panas.
  • Baterai tahan lama.
Prosesor9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz), OS Windows 10
Memori16GB DDR4 2666MHz SDRAM32GB DDR4 2666MHz SDRAM
Display15,6″ (16:9) IPS-Level FHD (1920×1080), 144Hz / 240 Hz 3ms, 100% sRGB, Pantone Validated Display
Baterai76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi Berat36,0 (W) x 25,2 (D) x1,89 ~ 1,89(H) cm1,99 Kg
ASUS ROG Zephyrus GU502

ASUS ROG Zephyrus GU502

Rp.25.999.000

2. ASUS ROG Strix

Kalau kamu adalah salah satu penggemar e-sport, bisa jadi keluarga baru ASUS ROG satu ini menjadi pilihan perangkat terbarumu. ASUS ROG Strix dihadirkan secara khusus untuk pengguna setia ASUS yang punya ketertarikan tinggi dalam permainan e-sport. Tipe paling pasaran dari seri ROG Strix ini adalah tipe G531, dan tipe ini tersedia dalam dua sub-tipe yaitu ROG Strix Scar III dan ROG Strix Hero III.

Tipe ROG Strix Scar III dan Hero III ini menonjolkan kelebihan refresh rate yang mampu mencapai 240Hz dengan waktu respon 3ms – sebuah keunggulan yang memungkinkan laptop tipe ini merespon aksi dalam permainan virtual secara lebih cepat. Diketahui dua tipe terbaru dalam seri Strix ini merupakan produk hasil kolaborasi ASUS ROG dengan BMW Designworks Group.

ASUS ROG Strix yang cocok untuk kamu penggemar eSport Gaming

Bisa dilihat dari tampilan body laptop, di bagian engsel layarnya yang punya tampilan mirip pintu sebuah mobil sport. Selain itu, tipe Scar III dan Hero III ini juga memiliki keunikan penempatan port di sisi belakang dan samping kiri laptop yang meminimalisir gangguan saat user menggunakan mouse.


Didesain khusus untuk gamers e-sport, ASUS memilih meletakkan RAM DDR4 dengan kapasitas 32GB pada seri Scar III dan Hero III. Media penyimpanannya sendiri menggunakan NVME PCle SSD. Mendukung fungsi gaming, ASUS tak luput dalam teknis sistem pendinginnya dengan kipas 12V teknologi n-Blades yang diklaim mampu menghasilkan aliran udara untuk mendinginkan mesin secara lebih baik.

Apa kelebihan tipe ASUS ROG Strix ini secara keseluruhan dibandingkan tipe sebelumnya? Beberapa poin ini menjelaskan kelebihan tipe Strix menurut versi aku.

  • Tersedia dalam beberapa sub-tipe. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhanmu. Setiap sub-tipe punya spesifikasinya masing-masing.
  • Desain body keren. Pengembangan ASUS di laptop gaming nggak melulu hanya tentang mesin dalam, tetapi juga tampilan luar. Bisa dilihat dari hal-hal sesederhana penempatan port. Aku pribadi memberikan nilai yang baik untuk aspek ini karena itu berarti ASUS memperhatikan penggunanya sampai pada hal-hal yang kecil.
  • Mesin pendingin yang tidak sekedar mendinginkan mesin tetapi juga menghalau debu masuk mesin. Well itu cukup krusial karena pengaruh debu ke mesin laptop sendiri bisa menurunkan kinerja laptop dalam jangka waktu panjang.

Spesifikasi singkat ASUS ROG Scar III G531 / G731

Prosesor9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4,5GHz)9th Gen Intel Core i9-9980H Processor Octa Core (16M Cache, up to 5,0GHz)OS Windows 10
Memori16GB DDR4 2666MHz SDRAM32GB DDR4 2666MHz SDRAM
Display15,6″ dan 17,3″(16:9) IPS-Level FHD (1920 x 1080), 144Hz
Baterai66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi Beratmodel 15″ – 360 (W) x 275 (D) x 24,9 (H) mmmodel 17″ – 399 (W) x 293 (D) x 26,2 (H) mmmodel 15″ – 2,57 Kgmodel 17″ – 2,85 Kg

Spesifikasi singkat ASUS ROG Hero III G531

Prosesor9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4,5GHz)OS Windows 10
Memori8GB DDR4 2666MHz SDRAM16GB DDR4 2666MHz SDRAM
Display15,6″ dan 17,3″(16:9) IPS-Level FHD (1920 x 1080), 144Hz
Baterai66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
DimensiBeratmodel 15″ – 360 (W) x 275 (D) x 24,9 (H) mmmodel 17″ – 399 (W) x 293 (D) x 26,2 (H) mmmodel 15″ – 2,57 Kgmodel 17″ – 2,85 Kg
ASUS ROG Strix G531

ASUS ROG Strix G531

Rp.30.999.000

3. ASUS ROG Mothership

ASUS tak tanggung-tanggung dalam melahirkan karya sebuah laptop gaming multi-fungsi. Untuk kamu yang punya dana lebih, alternatif keluarga baru ASUS tipe ROG Mothership ini bisa menjadi pilihan yang membuatmu benar-benar be unstoppable! Seri laptop 2-in-1 dalam keluarga ASUS ROG ini bahkan membutuhkan waktu tiga tahun untuk pengembangannya.

ASUS ROG Mothership ini mungkin tak memiliki keunggulan dari segi body jika dibandingkan dengan dua seri ASUS ROG teranyar yang sama-sama dikenalkan pada waktu yang sama. Pasalnya, dimensi layar laptop ini mencapai 17,3 inch dengan bobot 4,8 kg. Memang bukan sebuah laptop yang praktis untuk kebutuhan mobile, tetapi menilik spesifikasi dalamnya yang tidak main-main, laptop ini cukup worth it antara penampilan dan fungsinya.

ASUS ROG Mothership yang gagah berani layaknya sang model :p

Laptop ASUS ROG Mothership ini punya keunikan dari segi body yang bisa terpisah dengan keyboard-nya. Bagian layar telah menyatu dengan modul pengoperasian sedangkan keyboard-nya bisa digunakan secara terpisah menggunakan koneksi nirkabel. Untuk mesinnya sendiri, tipe ROG Mothership sama seperti tipe ROG teranyar lainnya, ASUS menggunakan prosesor Intel generasi ke-9, Core i9-9980HK Octa-Core.

Graphic-card setia mengandalkan NVIDIA G-Sync. Hal lain yang ditonjolkan pada seri ROG Mothership ini sendiri adalah teknologi Wi-Fi 6 multi-antenna yang diklaim mampu melakukan penerimaan sinyal internet secara lebih baik dan memastikan koneksi pada laptop ini lebih stabil. Sistem pendinginnya menggunakan bahan liquid metal untuk meredam panas hingga 13 derajat Celcius lebih baik dibandingkan laptop kompetitor. 

Sejauh mana kata worth it menggambarkan kelayakan laptop ini untuk dimiliki? Jawabannya tergantung seberapa butuh kamu akan laptop ini. Tambahan hal yang perlu diketahui, harga ASUS ROG Mothership ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tipe Zephyrus dan Strix. ASUS membanderol harga Rp130 juta untuk satu unit laptop ASUS ROG Mothership. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah laptop, tapi semuanya akan kembali pada penilaian masing-masing user.


Aku pribadi membuat highlight beberapa poin keunggulan ASUS ROG Mothership. Kalau memang aku pribadi adalah gamers kelas sultan, poin ini jadi pertimbanganku untuk membeli laptop gaming seri ini.

  • Tampilan layar juara. Spesifikasi layar yang mumpuni nggak hanya membantu untuk user gamers tetapi user lain yang membutuhkan perangkat laptop dengan tampilan akurat untuk menjalankan software tertentu, terutama yang berhubungan dengan grafis.
  • Refresh rate 144Hz dan respons time 3ms. Mendukung user yang membutuhkan kecepatan loading ketika bermain game.
  • Sistem pendingin 8 unit heatpipe untuk fungsi pendingin mesin secara lebih optimal dan mendukung operasional. Jangka panjang, laptop jadi tidak mudah rusak.

Spesifikasi singkat ASUS ROG Mothership ini bisa kamu lihat dari sekilas detil ini:

Prosesor9th Gen Intel Core i9-9980HK, CPU Core i9, GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 (Boost Clock: 1880MHz, 200W)
MemoriRAM 64GB, DDR4 SDRAM, SSD/eMMC 512 GB
Display17,3″ resolusi 4K UHD (3840 x 2160)
DimensiBaterai410 (W) x 320 (D) x 29,9 (H) mm4,8 Kg
ASUS ROG Mothership

ASUS ROG Mothership

Rp.130.999.000

Keseluruhan tipe laptop gaming terbaru ASUS ROG ini layak untuk kamu coba kalau kamu memang butuh dan suka sekali untuk main game. Apalagi prosesor yang digunakan di semua tipe terbarunya adalah prosesor Intel keluaran terbaru yang diklaim punya kinerja yang paling baik dibandingkan generasi sebelumnya.


Kalau masalah merek, ASUS sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai produsen alat elektronik dengan kualitas terbaik. Kamu pribadi, mau ambil laptop gaming terbaru ASUS yang mana nih?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here