7 Produk Smartwatch Terbaik 2019 yang Layak Kamu Pertimbangkan

0

Inovasi yang berkaitan dengan produk teknologi memang ada banyak banget jumlah dan jenisnya. Setelah smartphone, produk pendukungnya diperkenalkan ke publik. Bentuknya sih jam tangan, tapi ini bukan jam tangan biasa. Generasi kita kenal baik dengan produk smartwatch, jam tangan pintar terbaik yang fungsinya bisa mendukung perangkat ponsel pintar yang kita miliki.

Sejarahnya, jam tangan pintar ini awalnya hanya didesain untuk bisa digunakan mendengarkan musik saja. Lama-kelamaan inovasi terkait fungsi smartwatch ini semakin berkembang dan produk ini menjadi teknologi yang lebih kompleks.

Tertarik untuk memiliki smartwatch? Hmm sebelum buru-buru beli, kamu harus tahu bahwa produk ini ada banyak sekali merek dan spesifikasi setiap jenisnya bermacam-macam. Tapi, sebagian besar pecinta produk teknologi biasanya akan memutuskan punya atau sekadar mereferensikan beberapa smartwatch terbaik rekomendasi ini. Yuk cek satu-satu.

1. Apple Watch

Produk keluaran Apple sepertinya hampir selalu merajai daftar rekomendasi perangkat komunikasi elektronik modern. Termasuk dalam daftar rekomendasi smartwatch, Apple nggak ketinggalan. Poin pertama diisi oleh produk Apple Watch. Seri terbarunya adalah seri 4. Namun, sampai saat ini pecinta smartwatch Apple ini masih mempertimbangkan antara seri 3 dan 4 dari segi spesifikasi dan juga ada tidaknya peningkatan signifikan pada seri terbarunya.

Apple Watch 3 dan 4 – Sumber: imore.com

Buat yang masih nggak paham fungsi jam tangan ini, beberapa gambaran umum dari kemampuan Apple Watch dibandingkan jam tangan biasa antara lain: melakukan fungsi-fungsi yang ada di smartphone (termasuk melakukan panggilan dan menjalankan aplikasi), melakukan fungsi tracking langkah, hingga sebagai perangkat kesehatan untuk mengukur detak jantung. Kalau masalah harga, Apple Watch seri terbarunya dibanderol dari harga Rp7,99 juta (berdasarkan harga resmi iBox).

2. Samsung Galaxy Watch

Saingan Apple, alias si Samsung, juga nggak mau kalah. Jadi dia juga ngeluarin produk serupa yang dinamai Samsung Galaxy Watch. Secara fungsi sih kurang lebih sama dengan produk smartwatch lainnya, tapi yang paling ditonjolkan ya memang sebagai jam tangan pintar yang punya fungsi pendukung untuk fungsi-fungsi yang biasa dilakukan dengan smartphone. Di samping itu, produk ini juga mengunggulkan fungsinya yang bisa mendukung kebugaran penggunanya.

Samsung Galaxy Watch Active – sumber: Samsung.com

Secara bentuk, jam tangan ini juga cukup bagus dan nggak terlalu memperlihatkan sebagai produk yang berbeda dengan arloji pada umumnya, jadi nggak terlalu mencolok. Harga produk satu ini dibanderol dari harga Rp3,5 juta untuk seri Watch Active. Sedangkan seri Watch diameter 42 mm dan 46 mm punya harga yang lebih tinggi, sekitar Rp5 juta per unitnya.

3. Xiaomi Amazfit

Merek Xiaomi mulai mendominasi pasar elektronik, termasuk di produk smartwatch mereka. Di segmen produk smartwatch, mereka juga mengeluarkan produk baru dalam dua seri, yaitu Xiaomi Amazfit Smartwatch, Amazfit Stratos dan Xiaomi Amazfit Bip. Perbedaan paling mencolok sih terlihat dari penampakan fisiknya.

Baca Juga: Mau Punya Rumah Pintar? 5 Produk Smart Home Xiaomi Ini Wajib Kamu Miliki!

Amazfit Smartwatch punya bentuk layar persegi sedangkan layar Amazfit Stratos dan Amazfit Bip berbentuk lingkaran. Selain itu, perbedaan dari segi penampakan juga bisa dilihat dari layarnya, yang mana Amazfit Smartwatch menggunakan Capacitive Screen Corning Gorilla Glass Case sedangkan Amazfit Bip dibekali dengan Transflective Corning Gorilla Glass.

Amazfit Stratos – Sumber: Amazfit.com

Dari segi sistem operasi, Amazfit Smartwatch didesain untuk sistem Android, sedangkan seri Bip bisa untuk sistem operasi Android maupun iOS terbaru. Dari harga, Amazfit Smartwatch dibanderol dengan kisaran harga di angka Rp1,7 juta per unit, Amazfit Bip punya harga Rp800 ribu per unit, sedangkan  Amazfit Stratos dihargai mulai dari Rp2,4 juta per unit.

4. ASUS ZenWatch 3

Rekomendasi smartwatch selanjutnya yang nggak kalah menawan adalah produk Asus ZenWatch 3. Merek ASUS sendiri sekarang nggak cuma terkenal sebagai merek laptop sejuta umat tapi udah berani buat berinovasi mengikuti tren sekarang. Sesuai namanya, produk ini memang merupakan seri terakhir dari smartwatch ASUS. Kalau soal harga, produk ini dibanderol dalam kisaran angka Rp3 juta-an per unitnya.

ASUS ZenWatch 3 – Sumber: Theverge.com

Apa yang didapat dari smartwatch ini? Fungsi umumnya memang nggak jauh berbeda. Cuma, yang perlu digaris bawahi dari kelebihan smartwatch satu ini adalah nggak boros waktu pengisian daya, jadi sangat membantu untuk penggunanya yang aktif. Meski cepat dalam proses charging, dalam penggunaan normal smartwatch ini bisa bertahan hingga 2 hari loh. Selain itu, penampakan smartwatch ini juga mendukung pemakaian karena nggak terlalu tebal jadi tetap nyaman dipakai.

5. Huawei Watch 2

Smartwatch rekomendasi selanjutnya yang layak banget kamu pertimbangkan adalah Huawei Watch 2. Sebenarnya, produk ini pertama kali dirilis tahun 2017 – yang waktu itu jadi saingan produk Apple Watch seri 3. Namun kalau melihat dari spesifikasi dan kemampuannya, sebenarnya produk ini bagus banget untuk kamu miliki. 

Jajaran produk Huawei Watch 2 – Sumber: huawei.com

Perangkat ini dikenal sebagai smartwatch yang udah mengaplikasikan teknologi eSIM. Fungsinya nggak jauh beda dengan SIM konvensional yang masih kita pakai di smartphone saat ini sekaligus punya fungsi Machine to Machine atau M2M dan juga Remote Provisioning. Adanya eSIM ini juga mendukung kemampuan perangkat Huawei Watch 2 ini untuk memiliki akses internet yang lebih cepat. Di saat bersamaan, smartwatch ini punya ketahanan terhadap debu dan air, jadi cocok banget untuk dipakai saat aktivitas outdoor. Soal harga, produk ini dibanderol dengan nilai Rp4 juta per unit.

6. Fitbit Versa

Kalau kamu sebenarnya pengen banget punya Apple Smartwatch tapi nggak suka sama harganya, kamu bisa pakai produk dupe-nya dari Fitbit Versa. Sekilas, penampakan fisik smartwatch satu ini nggak beda jauh dengan Apple Watch. Secara fitur pun kurang lebih sama. Fitbit sendiri mengunggulkan fitur yang mendukung kesehatan penggunanya, seperti fitur pemantau pola tidur dan juga ada aplikasi pelatihan digital, namanya Fitbit Coach.

Fitbit Versa Lavender Rose Gold – Sumber: fitbit.com

Fitur lain yang mendukung aktivitas penunjang kebugaran ini adalah smartwatch ini punya beragam mode olah raga, mulai dari bersepeda, lari, workout, treadmill, dan lain-lain. Dari ketahanan baterai, perangkat ini dikenal punya ketahanan daya hingga 4 hari untuk penggunaan normal. Selain itu Fitbit Versa juga dikenal mampu tahan tekanan air hingga kedalaman 50 meter.

7. Fossil Gen 4 – Explorist

Selama ini, kita lebih tahu merk Fossil sebagai merek jam tangan mewah. Tapi siapa yang sangka kalau Fossil juga memproduksi smartwatch yang dikasih nama Fossil Gen 4 – yang diproduksi dalam beberapa varian. Salah satu varian tersebut adalah seri Explorist. Dikarenakan merek Fossil sendiri udah khatam sebagai salah satu produsen jam tangan mewah, maka dari segi penampilan smartwatch ini jelas nggak mengecewakan.

Fossil Gen 4 – Explorist – Sumber: fossil.com

Relatif mirip dengan desain jam tangan Fossil lainnya sehingga nggak aneh kalau dipadukan dengan pakaian resmi sekalipun. Leash-nya sendiri ada yang terbuat dari silikon, kulit, dan juga stainless. Makanya jam ini bisa kamu miliki untuk digunakan dalam beberapa acara, baik itu formal maupun non-formal. Secara spesifikasi, produk ini nggak kalah kok dari produk serupa yang merupakan keluaran merek perangkat elektronik. Harganya juga bersaing, sekitar Rp4,5 juta per unitnya.

Baca Juga: Review Xiaomi Notebook Air, Notebook Besutan Xiaomi Tandingan Apple Macbook

Tujuh produk smartwatch tadi hanya rekomendasi berdasarkan preferensi pribadi, di samping memang peminatnya mendominasi dibandingkan produk serupa dengan merek dan seri yang berbeda. Kamu mungkin punya pertimbangan tersendiri yang menjadi patokan kalau kamu mau memiliki satu atau dua produk di antaranya. Bisa nih tukar informasi tentang produk smartwatch terbaru yang boleh aku coba. Komen di bawah, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here