Mengungkap Spesifikasi dan Fitur Andalan Vivo V9: Well Dud!

1

Meskipun tergolong baru, tapi siapa sih yang nggak kenal brand HP Vivo? Sejak awal peluncuran seri pertama HP Vivo terbaru, smartphone berbasis Android satu ini relatif terkenal sebagai salah satu smartphone kamera terbaik untuk kalian yang hobi selfie. Walaupun masih tergolong relatif baru, tapi kalau mau bicara fakta, Vivo Smartphone nggak main-main ketika mendesain dan merakit semua seri smartphone mereka.

Selayaknya produsen smartphone yang ingin terus menjadi nomor satu di industri gadget, udah jadi syarat mutlak dong kalau harus terus berinovasi. Vivo Smartphone juga akan mengeluarkan seri smartphone terbaru mereka yang diberi nama seri Vivo V9. Desas-desus mengatakan bahwa HP Vivo terbaru ini ini akan diluncurkan pada akhir Maret 2018.

Yap, seperti biasa, aku nggak mau ketinggalan buat nyobain HP Vivo terbaru yang satu ini. Kebetulan aku dapat kesempatan untuk nyobain HP terbaru dari Vivo ini sebelum diluncurkan.

Secara tampilan dan spesifikasi sih, di hp Vivo V9 ini ada beberapa hal yang aku suka dan mungkin bisa jadi pertimbanganmu punya – kalau selera kita sama.

1. All New  FullViewTM Display

All New  FullViewTM Display

Hal pertama yang memang diunggulkan dari smartphone ini adalah desain layar hp yang modern. Secara teknis, ukuran layar smartphone ini sekitar 6,3 inchi dengan rasion 19:9. Cukup besar untuk sebuah smartphone dan mungkin kamu, para pemilik tangan kecil, akan berpikir ponsel ini lebih mirip telenan mini. Hmm.. Nope at all!

Meski memiliki layar relatif besar, Vivo V9 didesain dengan epic. Rasio layar ke bodi mencapai 90% – it means bagian bezel-nya bener-bener kecil atau tipis. Literally, All New  FullViewTM Display. Menurut aku pribadi sih, ini adalah salah satu indikator ponsel high end yang menawarkan pengalaman ponsel dengan layar lebih lega dan lebih nyata. Secara visual emang menang banyak. Ya bayangin aja megang hp android 6,3 inchi kayak megang ponsel 5,5 inchi.

Selain pengalaman megang ponsel epic satu ini berdasarkan rasio layarnya yang emang All New  FullViewTM Display, hal lain yang menurutku jadi nilai tambah hp vivo v9 ini adalah resolusinya yang mencapai 1080×2280 pixels yang sudah support Full HD+. Jadi nggak heran kalau tampilan layarnya bener-bener jernih banget. hp vivo V9 ini juga di support oleh IPS LCD capacitive touchscreen. Meski soal kejernihan layarnya relatif oke, kesan nyata-nya bakal bisa lebih dapet kalau pake tipe layar Super AMOLED.

2. AI Selfie Camera

Nah, sedari awal peluncurannya Vivo Smartphone memang fokus membangun brand image sebagai salah satu hp kamera terbaik, terutama untuk selfie. Jadi aku sendiri nggak heran jika inovasinya dari hari ke hari tidak pernah meninggalkan fitur kamera selfie dengan spesifikasi hp vivo lainnya yang nggak kalah mumpuni. Di Vivo V9 sendiri, aku menyoroti beberapa hal yang menurutku jadi keunggulan kamera selfie Vivo V9. Yang paling utama adalah dari segi ukuran megapixel-nya yang mencapai 24 MP untuk kamera depan. Yap, bukan kamera belakang tetapi kamera depan.

Nggak cuma menghasilkan foto yang jernih, kamera hp untuk selfie dengan resolusi 24MP ini punya berbagai macam keistimewaan di sisi fitur pendukungnya. Warna yang tajam, jernih (ini udah pasti, banget!), sampai kemampuan untuk menangkap gambar pada kondisi minim cahaya jadi keunggulan kenapa ponsel ini worth it banget buat kamu yang hobi selfie.

Fitur lain pendukungnya adalah adanya AI Face Beauty.

3. Dual Rear Camera – AI Bokeh

Nggak berhenti memberikan kamera depan yang kece parah, main camera-nya juga nggak kalah menyita perhatian. Tren penggunaan dua kamera sekaligus untuk kamera utama atau kamera belakang ini nggak ditinggalkan oleh Vivo Smartphone dalam produk V9 ini.

“Buat apa sih om kamera utama kok dua biji?” Buat kamu yang belum tahu, gunanya pencatutan dua kamera ini adalah untuk menghasilkan foto bokeh. Nggak tahu foto bokeh? Itu loh foto yang obyek depannya fokus tapi obyek belakangnya blur terus cahayanya bisa jadi bulet-bulet gitu.

Artistik banget kan? Mana lagi coba yang pakai inovasi begini? Untuk kamera belakang utamanya memiliki ukuran megapixel mencapai 13MP, sedangkan kamera belakang sekundernya memiliki resolusi 2MP. Pengaturan titik fokus nggak cuma bisa dilakukan saat pengambilan gambar, tapi juga ketika fotonya udah jadi. Keren gileeeee.

Selain unggul dari sisi pengambilan foto bokeh, kamera utama Vivo V9 ini juga punya keunggulan untuk memotret obyek yang membelakangi cahaya, alias backlight. Teknologi AI HDR di ponsel ini beda dengan HDR di ponsel lain. Hasilnya natural banget, jernih, dan tetap detil.

4. AI Face Access

Suka kesel kan kalau ada orang lain (atau kucingmu) yang rese pegang-pegang terus iseng mau buka-buka isi HP-mu? Katanya sih mau lihat HP-nya, ujung-ujung buka Gallery atau Message. Berkaca dari fakta di lapangan kalau yang namanya temen itu suka iseng, penguncian smartphone dari hari ke hari makin canggih dan menghindari HP-mu diutak-atik temen yang kepo banget.

Alasan kenapa HP Vivo terbaru yang diberi nama Vivo V9 ini amat-sangat-pantas buat dimiliki adalah karena fitur AI Face Access yang jadi keunggulannya. Jadi, fitur ini gunanya untuk memindai wajahmu – sebagai owner-nya – untuk mengaktifkan ponsel seketika.

5. RAM & Baterai

You punya smartphone bagus tapi kalau RAM dan ROM-nya kecil ya buat apa? Realistis aja, memang ponsel berbasis Android butuhnya RAM dan ROM lega. Kalau nggak, kerjanya bakalan lelet. Sepengalamanku pakai Vivo V9 ini, aku nggak merasakan kinerja yang lelet. Usut punya usut, ternyata mereka menanamkan RAM 4GB dan memori atau ROM 64GB. RAM 4GB itu setara sama RAM laptop lho. Ya pantes kalau kinerjanya sat-set-sat-set buat sebuah smartphone. Plus, kapasitas memorinya 64GB jelas lega banget buat simpan aplikasi ini itu dan foto-foto selfie yang punya kenangan tersendiri.

RAM dan Internal Memori Lega Vivo V9

Sederet keunggulan Vivo V9 ini adalah beberapa hal yang jadi sorotan utamaku ketika mencoba smartphone baru dan me-review-nya. Kalau secara spesifikasi sih nggak banyak yang kurang ya, bahkan menurutku udah oke banget. Fitur keamanan seperti fingerprint juga masih ada.

Nah, terkait masalah harga, belum ada bocoran mengenai harga HP Vivo V9 ini. Aku juga tentunya penasaran dengan spesifikasi HP Vivo yang disematkan pada produk terbaru ini, karena kalau dilihat dari daftar harga HP Vivo yang sebelumnya, kisaran harganya ada di angka 3jutaan untuk Vivo V7, kalau Vivo V9 berapa ya kira-kira harganya? Hmmmm, sepertinya kita harus menunggu akhir Maret ini untuk kabar terbarunya langsung dari official account Vivo Smartphone.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here