10 Tempat Terbaik Mencari Gambar Gratis Untuk Konten Blog Kamu

13

Apakah kamu mengunggah foto berkualitas tinggi pada media sosial? Lalu apakah kamu juga melakukan hal yang sama pada konten di blog?  Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan gambar pada konten blog. Dua diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gambar yang menarik membantu kita untuk menjelaskan lebih banyak informasi kepada audience dari konten yang dibuat. Infografis salah satunya yang terbaik.
  • Dengan adanya gambar, tentu dapat meningkatkan daya tarik audience terhadap konten itu sendiri, sehingga mereka betah berlama-lama membaca kolom konten.

Bahkan isu terbaru mengatakan bahwa algoritma Google akan lebih mengutamakan situs yang memiliki kualitas gambar yang baik pada setiap konten artikelnya. Dengan manfaat utama yang ditawarkan oleh keberadaan gambar tersebut, pertanyaan paling utama yang sering sering muncul adalah “Di manakah saya bisa mendapatkan gambar yang bisa saya gunakan pada website atau media sosial saya?”.

Satu pertanyaan utama ini memiliki banyak sekali jawaban yang akan sangat membantu kamu. Dalam postingan ini, akan saya akan memberikan informasi tentang 10 alat untuk menemukan gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan baik di website ataupun untuk kebutuhan update di media sosial.

1. Pixabay 

Ketika kamu mulai mencari gambar yang diperlukan untuk website/blog atau sosial media, maka pilihan utama yang mesti kamu perhitungkan adalah “Pixabay”. Tidak ada situs lain yang menyediakan services yang lebih baik di bandingkan Pixabay. Pixabay adalah layanan free stock image favorite saya.

Hanya lewat homepage pixabay saja kamu bisa melakukan pencarian dengan cepat dan efisien. Cukup dengan mengetikkan keyword pencarian, maka pixabay akan menampilkan apa yang kamu inginkan. Selain itu pixabay juga menyediakan fasilitas pencarian berdasarkan tingkat kualitas image, size, category, dan pelengkap lainnya.

Pro Tip : Pixabay tidak hanya bisa digunakan untuk mencari gambar biasa saja. Pixabay juga bagus untuk melakukan pencarian vektor graphics, ilustrasi dan video.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

2. Unsplash 

Meskipun Unsplash bukan merupakan foto gallery paling maju dan terlengkap namun tetap saja Unsplash berhasil mendapatkan gelar ‘favourite’ diantara para bloggers dan media sosial profesional.

Dengan lisensi “Do whatever you want”, kamu tidak perlu khawatir tentang masalah hak cipta. Kamu dapat menyalin, memodifikasi, mendistribusikan dan menggunakan foto secara gratis, termasuk untuk tujuan komersial.

Baca Juga: Kesalahan Sosial Media Marketing yang Seharusnya Tidak Dilakukan

Sama seperti kebanyakan layanan, kesenangan dalam menggunakan Unsplash juga langsung bermula dari saat menjalankan pencarian. Dari sana, kita disajikan dengan rincian terhadap temuan. seperti berapa banyak jumlah foto yang tersedia berdasarkan keyword dan juga tersedia informasi mengenai berapa banyak pengguna yang telah menggunakan foto tersebut.

Pro Tip ; Gunakan “new” search, pada sisi kolom atas halaman untuk menemukan foto-foto terbaru.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

3. Gratisiography

Nah, ketika kamu dihadapkan kepada pilihan ‘kualitas gambar’ atau image quality, Gratisiography berada pada deretan paling atas dari semua pilihan. Kamu tidak perlu lagi repot-repot menentukan pilihan kualitas gambar. Karena, semua foto atau gambar yang tersedia pada list Gratisiography ini memuat gambar berkualitas tinggi.

Bukan hanya menyediakan gambar berkualitas tinggi, gambar-gambar yang tersedia juga memiliki keunikan yang tiada duanya. Meskipun gambar-gambar yang berada di list ini masih belum memiliki Gallery yang besar karena hanya berasal dari satu fotographer yang sama, Namun kamu tidak perlu khawatir karena koleksi yang di tawarkan oleh Gratisisography ini sudah lebih dari cukup untuk keperluanmu.

Pro Tip : Gunakan pencarian berdasarkan subjek yang telah disediakan agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

4. Life of Pix 

Ada banyak hal menarik yang dapat disukai dari ‘Life of Pix’ seperti:

  •         Semua photo merupakan ‘high resolution’
  •         Semua foto bisa digunakan secara gratis
  •         Foto-foto baru, bermunculan setiap minggu nya.

Dengan keunggulan tersebut tentu saja menjadikan ‘life of Pix’ sebagai salah satu tempat terbaik dalam pencarian foto, namun sayangnya foto yang berada pada list ini masih sedikit. Kamu tidak akan menemukan ratusan atau ribuan pilihan untuk setiap pencarian. Namun, Apapun yang kamu temukan dalam pencarian semua foto tersebut memenuhi standar kualitas tinggi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Dapat Meningkatkan Penjualan?

Pro Tip : Ada baiknya kamu juga memeriksa saudara dari ‘life of pix’ yaitu ‘life of Vids’ di sini kamu akan menemukan berbagai video menarik dan tentu saja semuanya juga bebas untuk digunakan.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

5. StockSnap

Dengan ratusan gambar gratis yang ditambahkan pada setiap minggunya, StockSnap adalah layanan yang dapat kamu andalkan untuk semua kebutuhan. Meskipun ketersediaan gambar yang melimpah tampilan StockSnap yang begitu elegant tidak akan membuat kita pusing ketika sedang melakukan pencarian.

StockSnap juga dibekali dengan fasilitas filter dalam pencarian. Misalnya, pencarian untuk “bisnis,” muncul hampir 700 foto. Jika kamu ingin mempersempit pilihan, kamu dapat melakukannya dengan relevansi, tanggal, tren, pandangan atau download.

Pro Tip: Gunakan fitur “Send me Photos” untuk memiliki stok foto terbaru gratis yang dikirim langsung ke kotak masuk kamu setiap minggunya.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

6. Snapwire Snaps

Sama seperti gallery foto yang telah kita bahas sebelumnya Snapwire Snaps Juga menyediakan berbagai macam koleksi foto yang menarik dan berkualitas tinggi yang datang dari berbagai fotografer. Selain melakukan pencarian secara langsung Snapwire Snaps juga menyediakan fasilitas pengiriman foto langsung ke email dengan kapasitas 7 foto setiap minggunya. Kamu cukup mendaftarkan diri dan tara  foto-foto tersebut akan masuk ke Inbox dengan sendirinya di setiap minggunya.

Pro Tip: Jangan ragu untuk menghabiskan banyak waktu untuk mencari di perpustakaan Snapwire Snaps ini. Karena tersedia banyak koleksi foto dari “200.000 fotografer paling berbakat di dunia.”

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

7. Picjumbo

Picjumbo menawarkan segala sesuatu yang kamu inginkan dari sebuah situs fotografi.  Situs ini mudah digunakan, kualitas papan atas dan memiliki seleksi di atas rata-rata. Ketika kamu pertama kali mengunjungi situs ini, maka kamu akan di tawarkan untuk melakukan registrasi agar tetap terhubung dengan situ s Picjumbo.

Baca Juga: Tipe-tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Namun itu bukan merupakan sebuah keharusan, kamu juga bisa secara langsung menuju ke kotak pencarian untuk menemukan apa yang diinginkan. Berselancar di situs ini kamu akan di bawa ke sebuah perpustakaan besar dengan gambar berkualitas super tinggi.

Pro tip: Gunakan ‘tombol Terbaru’, yang terletak di bagian atas halaman, untuk menemukan gambar yang baru ditambahkan.

Tempat Mencari Gambar Gratis Untuk Blog

8. New Old Stock

Sesuai dengan namanya ‘New Old Stock’ menyediakan koleksi ‘Foto vintage dari arsip publik’. Tidak ada cara untuk kembali ke masa lalu, jika kamu ingin menggunakan foto-foto tua dari sebuah kejadian di masa lalu maka ‘new old stock’ adalah pilihan utama!.

Salah satu hal yang perlu kamu catat adalah bahwa semua foto yang tersedia di situs ini bisa kamu gunakan untuk keperluan apa saja tanpa harus menghawatirkan banyak hal seperti lisensi dan sebagainya.

Pro tip: Karena New Old Stock tidak memiliki fungsi pencarian yang terbaik, maka biasakanlah untuk menyimpan gambar mungkin dapat digunakan di masa depan. Jika tidak, kamu mungkin merasa sulit untuk menemukan foto tersebut di lain waktu.

9. Awesome Screenshot

Foto Screenshot terkadang juga memiliki peran penting dalam content blog kamu. Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk mengambil foto Screenshot dalam hal ini tidak ada cara lain yang bisa kamu gunakan selain mencari tahu dan mencoba sendiri tools mana yang sesuai dengan gaya-mu.

Baca Juga: Manfaat Ngeblog dan Marketing Tools Untuk Blogger yang Wajib Diketahui

Pro tip: Bereksperimenlah dengan banyak fitur yang disediakan oleh masing-masing tools, untuk memastikan bahwa kamu tidak kehilangan sesuatu yang bisa membantu membuat screenshot lebih unik dan berguna.

10. Smartphone atau Tablet

Kamu mungkin telah banyak menghabiskan waktu untuk mencari foto atau gambar yang kamu inginkan di berbagai situs di Internet. Tapi kamu jangan lupa bahwa kamu juga bisa menghasilkan gambarmu sendiri melalui Smartphone atau Tablet.

Tidak perlu keahlian khusus untuk mengambil foto dari perangkat ini, lakukanlah dengan apa yang kamu bisa hingga akhirnya kamu menemukan gaya sendiri. Dan jangan mengabaikan keberadaan aplikasi foto editing. Karena aplikasi-aplikasi ini bisa membantu untuk menghasilkan foto-foto berkualitas sesuai keinginan.

13 COMMENTS

  1. Sebagai travel blogger aku selalu mengandalkan gambar hasil jepretan sendiri ehehe. Tapi terima kasih atas daftar penyedia gratisan di atas. Siapa tahu suatu saat butuh 🙂

  2. Your style is very unique in comparison to other people I have read stuff from.
    Many thanks for posting when you’ve got the opportunity,
    Guess I will just book mark this blog.cheap jerseys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here