Enam Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang

0

Di wilayah Kalimantan Barat terdapat sebuah kota yang kerap diasosiasikan dengan kaum Tionghoa. Terletak sejauh 145 kilometer dari Kota Pontianak, kota ini bernama Singkawang. Asal usul nama Singkawang berasal dari bahasa Cina, yakni San Keuw Jong yang berarti sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari.

Karena banyaknya etnis Tionghoa yang tinggal di wilayah itu, Singkawang juga dikenal sebagai Hongkong Van Borneo.  Konon asal muasal kota ini dihuni oleh mayoritas orang Cina karena dahulunya Desa Singkawang merupakan tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Cina.

Tidak seperti orang Cina yang tersebar keberadaannya di wilayah Jawa, Madura, Sumatera dan Indonesia Bagian Timur, mayoritas orang Cina yang tinggal di wilayah Singkawang adalah suku Hakka yang berasal dari Provinsi Fujian Barat Daya. Pada tahun 1760, orang Cina Hakka ini datang dalam jumlah yang besar ke Kalimantan.

Pada awalnya mereka didatangkan dan dipekerjakan di tambang emas oleh Sultan Sambas sejak tahun 1740-an.  Orang-orang Cina Hakka atau yang dikenal juga dengan istilah orang Khek ini lebih berpengalaman dan unggul dalam teknologi penambangan sehingga dapat memproduksi emas lebih banyak.

Orang Khek pada saat itu juga memiliki organisasi untuk mendatangkan buruh ‘China’ dari daratan China dan menguasai buruh sehingga pertambangan dapat terus berlangsung.

Hingga saat ini, Kota Singkawang yang mayoritas penduduknya etnis Tionghoa ini rupanya menyimpan berbagai keindahan untuk berwisata. Apa saja lokasi wisata yang ada di kota ini? dibawah ini saya sudah menulis 5 destinasi wisata wajib yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Kota Singkawang.

Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Singkawang

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Diberi nama Pantai Pasir Panjang karena bibir pantainya sepanjang 3 kilometer dengan ombak yang tenang dan pasir putih kemilau.

Lokasi pantai ini tak jauh dari pusat kota Singkawang, hanya 17 kilometer atau memakan jarak tempuh sekitar 20 menit saja dengan kendaraan bermotor. Dengan keelokan pantainya, kamu tentu betah menghabiskan waktu di Pantai Pasir Panjang. Pantainya masih alami,  bersih dan juga tenang.

Untuk fasilitas di lokasi wisata ini, Kamu tak perlu khawatir karena sudah banyak motel, restoran maupun wahana lainnya untuk kamu coba seperti jetsky dan parasailing. Pantai yang menghadap langsung ke Pulau Natuna ini dikelilingi pulau lain yang bisa Kamu singgahi seperti Pulau Randayan, Pulau Lemukutan, dan Pulau Kabung.

Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang
Pantai Pasir Panjang, Singkawang – Sumber: https://olipeoile.wordpress.com
2. Sinka Island Park

Tak hanya wisata alam, Kota Singkawang juga menawarkan wisata modern yakni Sinka Island Park yang terletak di sebelah selatan dan bisa ditempuh selama 3 jam saja dari Pontianak. Sinka Island ini merupakan kawasan wisata terpadu di mana kamu bisa menikmati keindahan panorama pantai dengan delman dan kuda yang bisa disewa.

Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang
Sinka Island Park, Singkawang

Berbagai wahana permainan air seperti banana boat, jetski dan sepeda air bisa kamu coba. Jangan lupa juga mengunjungi Sinka Zoo di kawasan ini karena kebun binatangnya cukup unik terletak di area berbukit-bukit. Tak puas dengan wisata buatan itu, kamu bisa melakukan Island Hopping ke Pulau Simping, pulau terkecil di dunia yang sudah diakui PBB. Untuk mencapai pulau ini dapat ditempuh dengan menyeberang jembatan dari area Sinka Island.

3. Taman Bukit Bougenville

Dengan area seluas 1.5 hektar, taman Bukit Bougenville yang terkenal ini bisa Kamu jangkau selama 10 menit berkendara dari pusat Kota Singkawang. Pada dasarnya, area ini berupa taman dengan rumput hijau yang menutupi areanya serta tanaman Bougenville yang berwarna-warni mempercantik taman ini.

Dengan area yang cukup luas ini, Kamu bisa berjalan-jalan santai di track yang disediakan sembari menikmati keindahan taman. Di tengah taman terdapat kolam serta patung yang menjadi ciri khas kebudayaan Tionghoa, yakni patung naga.

Baca Juga: Beberapa Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

Rupanya, selain didominasi tanaman Bougenville, di taman ini juga tumbuh koleksi tanaman lain seperti tanaman sri rejeki (aglaonema) yang biasanya tumbuh di kawasan hutan hujan tropis dekat kathulistiwa. Selain itu terdapat pula Anthurium yang juga merupakan tanaman hias dengan bentuk daun dan warna bunga yang cantik.

Selain tanaman dan bunga, taman Bukit Bougenville juga dilengkapi dengan kebun buah dengan variasi jenis buah seperti buah durian, alpukat, rambutan, dan belimbing. Setelah berkeliling Taman Bukit Bougenville yang merupakan tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga, mungkin ada pengunjung yang ingin duduk beristirahat.

Taman ini mempunyai beberapa pondok yang sengaja dibangun sebagai tempat bersantai yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Bila ingin sambil makan, maka datangi saja kantin yang berada di lokasi Taman Bukit Bougenville.

Menikmati hidangan makanan menjadi lebih nikmat bila ditemani oleh sejuknya udara di sekitar kawasan Taman Bukit Bougenville. Tentu saja taman ini sangat cocok jika Kamu ingin menikmati segarnya udara di tenga kota Singkawang. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa bibit tanaman loh di taman ini.
Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang

4. Danau Biru

Danau Biru dengan airnya yang berwarna biru adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Singkawang. Letaknya sekitar 6 kilometer dari pusat kota, dan bisa ditempuh selama 30 menit saja menggunakan motor atau mobil. Point of interest dari Danau Biru ini adalah sunset yang cantik saat senja.

Air berwarna biru yang terdapat di danau ini terlihat menawan karena berpadu dengan warna padang ilalang dan semak belukar serta pasir putih. Danau ini berjarak 2-3 kilometer dari batas hutan dan kebun sawit.

Baca Juga: Trizara Resort, Glamping Bandung yang Bikin Gak Mau Pulang

Tentunya pemandangannya sangat menawan. Rupanya, air biru yang terdapat pada danau dikarenakan wilayah ini dahulunya adalah tambang emas ilegal. Meskipun dikarenakan kerusakan alam, Danau Biru ini tetap memberi pemandangan yang menawan hati.
Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang

5. Masjid Agung Singkawang

Kota Singkawang yang dihuni oleh mayoritas etnis yang berbeda, yakni Tionghoa, Dayak dan Melayu menampilkan contoh pluralism melalui budaya yang dihasilkan maupun bangunan yang menjadi symbol kota tersebut. Salah satunya adalah Masjid Agung Singkawang.

Masjid Agung Singkawang yang berlokasi dekat dengan Kantor Walikota Singkawang dan berdekatan dengan Taman Gayung Bersambut ini bergaya arsitektur joglo dan merupakan masjid terbesar serta tertua di Singkawang. Dinaungi oleh Yayasan Nurul Islam, Masjid Agung Singkawang ini menjadi pemersatu umat beragama Islam yang berada di Sambas dan Singkawang.

Areanya  berada dalam lingkar wilayah Islam (Islamic Center) Singkawang yang berdekatan pula dengan pusat-pusat pendidikan islam seperti Gedung Arafah, SMP Islam Terpadu, SD Islam Terpadu, TK Nurul Islam serta TPA/TPQ untuk mendukung fasilitas dakwah organisasi Muslim di Singkawang.
Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang

6. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Vihara Tri Dharma Bumi Raya adalah vihara tertua di kota Singkawang. Tahun pembuatan vihara ini belum ditemukan secara pasti. Namun menurut komunitas tionghoa Singkawang, usia vihara ini setara dengan sejarah keberadaan komunitas tionghoa Singkawang yang telah berusia lebih dari 200 tahun. Predikat inilah yang kemudian membuat vihara ini dijadikan sebagai pusat kegiatan dalam perayaan Cap Go Meh.

Cap Go Meh adalah perayaan masyarakat tionghoa yang turun ke jalan pada hari ke-14 sampai 15 setelah tahun baru imlek. Perayaan Cap Go Meh bertujuan untuk membersihkan kampung. Dalam perayaan Cap Go Meh berbagai macam Tatung/Louya diarak berkeliling kampung. Khusus di kota singkawang, vihara ini menjadi pusat berkumpulnya berbagai macam Tatung/Louya yang bertujuan untuk menyembah para dewa pada perayaan Cap Go Meh.

Penduduk setempat menyebut Vihara Tri Dharma Bumi Raya dengan sebutan tai pak kung (toa pekong). Vihara Tri Dharma Bumi Raya terletak di Jalan Pasar Tengah (Jalan Sejahtera), tepat berada di pusat Kota Singkawang dan merupakan salah satu ciri khas dan cikal bakal berdirinya kota singkawang.

Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang Nah, itulah beberapa tempat yang cukup terkenal dan wajib kamu kunjungi ketika sedang menginjakkan kaki di Kota Amoy tersebut. Jika kamu kebetulan sedang mampir ke Pontianak tidak ada salahnya sekalian mampir ke tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pontianak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here