Sistem Ujian Online di Bina Sarana Informatika

5
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan seluruh umat manusia di muka bumi ini. Semua kegiatan manusia di dominasi oleh teknologi, yang mana hampir semua aktifitas yang kita lakukan sehari-hari telah mengalami perubahan akibat perkembangan teknologi.
Sebut saja contohnya dalam hal kegiatan berbelanja,  10 tahun yang lalu, logikanya ketika anda ingin berbelanja pakaian adalah, anda pergi ke  toko pakaian, memilih jenis pakaian yang cocok, membayar tagihan sesuai tagihan yang ada, barulah anda bisa memiliki pakaian yang anda inginkan.
Hal seperti itu tidak perlu lagi anda lakukan di jaman canggih ini, jika anda ingin berbelanja pakaian, yang anda perlukan adalah sebuah media untuk mengakses internet, membuka situs penjualan pakaian secara online, memilih pakaian yang anda inginkan, transfer uang sesuai biaya yang diperlukan, dalam rentang waktu yang ditentukan, pakaian akan datang kerumah anda sendiri tanpa harus anda pergi ke toko pakaian tersebut.
Memang,  tanpa kita sadari perkembangan teknologi telah banyak sekali merubah kegiatan dan perilaku umat manusia di bumi ini.
Berikut ini adalah dampak positif yang saya alami sendiri di kampus, Ketika ujian tidak lagi menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer).
3 Tahun yang lalu, saat ujian kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang saya perlukan adalah sebuah alas kaca untuk LJK, pensil 2B, penghapus dengan kualitas tinggi, dan tentunya sebuah mesin peruncing pensil.
Barang-barang seperti diatas sudah tidak diperlukan lagi saat saya mulai masuk di bangku kuliah, dan memilih kuliah di sebuah “Cyber Campus” kampus yang mengedepankan teknologi di setiap aktifitas perkuliahannya.
Semua aktifitas akademik tersusun rapi dengan sistem online, mulai dari pendaftaran mahasiswa baru, input arsip calon mahasiswa, pembayaran uang pra kuliah dan semseter, jadwal kuliah, kalender akamdemik, hingga ujian-ujian yan semuanya dilaksanakan secara online.
Terlepas itu semua, tidak perduli anda kuliah di Kampus Cyber atau bukan, saya yakin, 80% perguruan tinggi di Indonesia telah menerapkan Sistem Informasi (sisfo)  akademik secara online untuk mahasiswanya.
Gambar : salah satu proses ujian online di kampus Bina Sarana Informatika  (klik gambar untuk memperbesar)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here