VSAT Indonesia, Solusi Internet satelit yang Terjangkau Dengan Paket Quota

0

Internet satelit atau VSAT memang sudah cukup dikenal sebagai koneksi internet yang mahal dan tidak terjangkau bagi banyak kalangan. Memang harganya cukup mahal, terutama bila koneksi VSAT Indonesia dibandingkan dengan koneksi fiber optik yang sudah digunakan banyak orang di kota besar, atau koneksi VSAT diluar negeri. Pasti kalah, dari segi kecepatan dan harga.

Harga berlangganan VSAT Indonesia, bisa mencapai 3.000.000 IDR perbulan untuk paket unlimited. Apabila dibandingan dengan paket unlimited fiber optik di Indonesia, maka harganya memang bagaikan bumi dan langit.

Berbeda dengan di Amerika Serikat, dimana koneksi VSAT dengan quota 50 GB hanya dibanderol dengan harga +/- 700.000 IDR perbulan. Harga seperti ini tentunya cukup terjangkau bagi sangat banyak orang. Dengan harga yang terjangkau, maka banyak kalangan-kalangan yang akan merasakan manfaatnya.

Memang belum banyak orang yang tahu, tapi ternyata ada beberapa perusahaan VSAT Indonesia yang turut menyediakan paket VSAT berbasis Quota. Contohnya seperti Pasifik Satelit Nusantara (PSN), dengan produk Ubiqu-nya dan Qilat.id. Nah, sistem quota ini membuat berlangganan internet VSAT jauh lebih murah. Sangat jauh.

Provider VSAT Indonesia, Qilat.id memilki paket unlimited dan paket quota. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu sekitar 700.000 IDR perbulan dengan quota 8 Gigabyte sampai paling mahal 3.000.000 IDR dengan quota 18 Gigabyte. Juga tersedia paket unlimited seharga 3.000.000 IDR, namun perbedaannya adalah kecepatannya. Pada paket unlimited kecepatannya adalah 1 Mbps (Upload dan download sekaligus = 1 Mbps) sedangkan pada paket quota kecepatannya mencapai 6 Mbps (5 Mbps download dan 1 Mbps Upload).

Dengan paket-paket seperti ini membuat paket internet VSAT akan jadi lebih terjangkau, karena harganya sudah bisa dibawah 1.000.000 IDR. Nah oke, sekarang VSAT memang lebih terjangkau. Tapi VSAT itu apa sih? Dan kenapa VSAT bisa berguna sekali apabila digunakan di Indonesia? Nah akan sedikit saya bahas tentang manfaat VSAT dan kenapa VSAT itu penting.

Apa itu VSAT?

Mudahnya, VSAT adalah sebuah alat telekomunikasi jarak jauh berbentuk antena yang dapat menerima dan mengirimkan sinyal. Nah sinyal inilah yang dapat dikirim dan diterima oleh antena VSAT lainnya, dimana sinyal tersebut dapat ditumpangkan data. Kalau anda ingin lebih jelas mempelajari tentang VSAT, monggo silahkan di cek artikel tentang apa itu vsat?

Contoh VSAT Yang Telah Terpasang Di Daerah
Contoh VSAT Yang Telah Terpasang di Daerah

Manfaat VSAT untuk Indonesia

VSAT itu cepat dalam pemasangannya. Hanya butuh waktu satu jam untuk instalasi dan aktivasi, lalu internet sudah bisa diakses. Oleh karena itu, VSAT ini merupakan solusi yang tepat bagi daerah-daerah terpencil di Indonesia. Kenapa?

Karena tidak semua jaringan terestrial (fiber optik, kabel tembaga, Etc.) dapat menjangkau seluruh pulau dan pedalaman di Indonesia. Bayangkan saja, ada kurang lebih 900 pulau dari 17.000 pulau di Indonesia yang dihuni manusia. Sulit rasanya untuk provider internet terestrial untuk menyediakan akses internet disemua pulau tersebut.

Banyak juga pedalaman-pedalaman yang masih tidak terjangkau oleh kabel internet. Oleh karena itu, VSAT merupakan solusi yang paling cepat dan praktis untuk pengadaan internet di daerah terpencil. Selain pemasangannya yang cepat, VSAT juga memiliki coverage yang sangat besar. Bisa mencakup satu negara, bahkan benua. Jadi untuk Indonesia yang notabene adalah negara kepulauan, VSAT adalah solusi yang tepat.

VSAT Indonesia, Solusi Internet satelit yang Terjangkau Dengan Quota

Dengan adanya paket quota yang lebih terjangkau, provider-provider internet VSAT Indonesia berharap agar lebih banyak masyarakat daerah yang bisa memanfaatkan koneksi VSAT untuk berbagai kebutuhan. Terutama untuk bisnis dan pendidikan. Dan tentunya, bisnis dan usaha kecil menengahpun akan semakin maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here