4 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Mirip Luar Negeri, Liburan Jadi Makin Istimewa

0

Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, tapi juga kota tujuan wisata. Banyaknya tempat wisata yang ada di Jogja membuatnya begitu populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Tak mengherankan jika setiap musim liburan tiket pesawat ke Jogja di Traveloka selalu banjir peminat. 

Sebagai salah satu magnet wisata terbesar di Indonesia—setelah Bali—Jogja menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pelancong. Terbukti dengan banyaknya destinasi yang bisa dikunjungi, seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga tempat wisata ala luar negeri. Nah, supaya liburan ke Jogja semakin istimewa, inilah 6 tempat mirip luar negeri yang wajib dikunjungi. 

1. Dae Jang Geum Restoran, Tempat Unik dengan Sentuhan Khas Negeri Ginseng

Segala hal yang berkaitan dengan negeri ginseng selalu menarik minat generasi milenial di Indonesia. Mulai dari drama, K-Pop, bahasa, hingga kuliner khas Korea Selatan masih digemari oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri semakin banyak cafe dan restoran yang menghadirkan nuansa ala Korea Selatan, salah satunya adalah Dae Jang Geum, Jogja. 

Jika kebanyakan cafe mengusung dekorasi khas Kota Seoul, maka Dae Jang Geum menghadirkan nuansa tradisional khas pedesaan Korea. Sekilas, Dae Jang Geum juga terlihat memiliki kemiripan dengan lokasi syuting drama Korea Jewel in the Palace. 

Selain menawarkan nuansa khas pedesaan Korea, wisatawan dapat mencicipi berbagai macam masakan Korea, seperti Jajangmyeon, Kimbab, Gogigui, Kimchi, Teokbokki, dan masih banyak lagi. Menariknya, Dae Jang Geum juga menyediakan hanbok yang bisa disewa untuk berfoto layaknya putri kerajaan. 

2. Eksotisme Goa Jomblang yang Mirip Stephens Gap, Amerika

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati keindahan Stephens Gap, sebab Jogja juga memiliki replikanya, yakni Goa Jomblang. Goa yang terletak di desa Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul ini memiliki pesona yang tidak terbantahkan. Goa berbentuk vertial ini semakin eksotis berkat cahaya matahari yang menyinari dari atas. Saking eksotisnya, Goa Jomblang bahkan pernah dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahu 2011 lalu. 

Goa Jomblang terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan inilah yang membentuk sink hole dengan luas mulut goa sekitar 50 meter persegi. 

Salah satu daya tarik Goa Jomblang adalah banyaknya tumbuhan dan karst yang terdapat di dalam goa. Selain itu, tempat ini juga memiliki stalakmit, stalaktit, batu kristal, tumbuhan paku, hingga sungai dengan aliran yang cukup deras. Meskipun memiliki pesona yang tiada duanya, wisatawan harus memilih cuaca yang tepat jika ingin berkunjung ke Goa Jomblang. 

3. Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo yang Mirip Gurun Sahara

Selanjutnya ada Gumuk Pasir Parangkusumo yang populer di kalangan wisatawan berkat keindahannya yang mirip dengan Gurun Sahara di Maroko. Selain keindahannya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga terkenal sebagai lokasi sandboarding, yakni berseluncur menggunakan papan seluncur di atas pasir. 

Keindahan lokasi ini semakin menawan ketika senja tiba. Pemandangan sunset di Gumuk Pasir Parangkusumo tak kalah menakjubkan dari sunset di tepi pantai. Tak hanya menawarkan keindahan alam dan keseruan bermain sandboarding, gumuk pasir ini bisa jadi spot foto instagramable. 

Tempat wisata ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja hanya dibutuhkan waktu 50 menit untuk bisa sampai ke tempat ini. 

4. Spot Instagramable ala Santorini di Langlang Buana, Yogyakarta

Siapa bilang liburan keliling dunia harus punya budget besar? Nyatanya, dengan budget pas-pasan wisatawan bisa merasakan sensasi keliling dunia saat berkujung ke Langlang Buana, Yogyakarta. Objek wisata yang berada di Agrowisata Bhumi Merapi, Sleman, ini mempunyai spot foto yang sangat menarik, seperti spot foto ala Santorini, Underground ala London, hingga spot foto ala Belanda.

Pesona alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, seperti 4 tempat wisata di atas yang punya kemiripan dengan tempat wisata di luar negeri. Supaya perjalanan semakin mudah, wisatawan bisa menggunakan Antar Jemput Bandara YIA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here